Kodim 0621/Kab. Bogor Bersama Instansi Terkait Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulan Bencana Alam

0
67

LIPUTAN12.ID|BOGOR – Kodim 0621/Kabupaten Bogor menggelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana, yang dilangsungkan di Lapangan Tegar Beriman Cibinong Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor, Kamis (26/12/2019) pukul 08.15 WIB.

Bertindak sebagai Pimpinan Apel Komandan Resor Militer (Danrem) 061/Suryakancana Brigjen TNI TNI Novi Helmy Prasetya, S.IP., M.Si. Sedangkan Kapten Arm Sutrisno (Danramil Kemang) bertindak sebagai Komandan Apel dan Kapten CAJ Adi Y selaku perwira Apel.

Danrem 061/Suryakancana dalam amanatnya menyampaikan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa bencana alam dapat terjadi setiap saat dan kapan saja, terlebih lagi musim hujan di penghujung tahun 2019 sudah mulai tiba dan hampir merata di seluruh wilayah Korem 061/SK, khusus nya Kabupaten Bogor dan sekitar nya.

Menurut Danrem, datangnya bencana alam sulit untuk diprediksi dan dihindari, kita hanya mampu meminimalisir korban saja dengan membantu pelatihan pelatihan kepada petugas mesyarakat berdasarkan pengalaman yang terjadi.

“Hal itu tentunya sangat membantu mengurangi korban, baik korban jiwa maupun harta benda,” kata Brigjen Novy.

Ditambahkan oleh Danrem, kesiapsiagaan petugas tidak ada jam jam nya, harus siap 1×24 jam dan 7 hari dalam seminggu sehingga pengaturan petugas dalam jaga haruslah di atur dengan sebaik baiknya karena petugas jaga manusia biasa yang mempunyai banyak keterbatasan.

Namun, dengan semangat pengabdian yang tinggi terhadap keselamatan masyarakat petugas banyak mengesampingkan kepentingan pribadi dan keluarga demi melaksanakan penyelamatan terhadap sesama manusia yang mengalami bencana.

“Jadi, untuk mempersiapkan diri sebagai petugas penanggulangan bencana haruslah sering dilaksanakan latihan dan pengenalan terhadap alat alat yang akan digunakan secara bersama sama, antara TNI-Polri dan pemerintah daerah serta organisasi lainnya,” jelas Danrem 061/SJ.

Apel Kesiapsiagaan melibatkan 1 SSK Personil Kodim 0621/Kab. Bogor, 1 SST Yonif 315/Garuda, 1 SST Lanud Atang Sendjaja, 1 SSK Sat Sabhara Polres Bogor, 1 SST Satpol PP, 1 SST Dishub Kab. Bogor, 1 SST BPBD dan 1 SST Damkar serta 1 SST Ormas yang terdiri PPM, Hipakad dan FKPPI.

Apel dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Dandim 0621 Letkol Inf Harry Eko Sutrisno, Kapolres Bogor AKBP M. Joni, Danyonif 315 Letkol Inf Thomas, Kasi Pers Korem 061 Letkol Inf A. Sitanggang, Kasi Ter Korem 061 Letkol Arm Asep Muspida, Wadanyon Armed 10 Kostrad, WadanyonKes 1 Kostrad Mayor CKM Dadang, Perwakilan dari Lanud Atang Sendjaja, Ketua DPRD Kab. Bogor Rudi Susmanto, Kakesbangpol Enday Zarkasih, Ka Satpol PP Herdi, perwakilan BPBD Adam, Kadishub Ade Yana, PMI Sukardi dan Andang dari Damkar kabupaten Bogor serta sekitar 500 undangan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here