Dampak Covid-19, Diskominfo Gagal Datangkan 17 Tower di Kepulauan Sula

0
20

SANANA|LIPUTAN12 – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kepulaun Sula Provinsi Maluku Utara berjanji untuk mendatangkan Tower di 17 Desa, namun akhirnya tertunda lantaran mewabahnya Virus Corona (Covid-19). Padahal sesuai perjanjian antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, Tower seharusnya sudah ada sejak beberapa waktu lalu.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Kepsul, Irfan Sarfan kepada awak media saat ditemui di Kantor Bupati Kepsul, Senin (24/08/2020).

“Sebelumnya kami sudah turun survei lokasi dan sebagainya. Hanya saja saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19, sehingga tower tersebut belum bisa didatangkan,” ungkap Kadiskominfo.

Ia menjelaskan, pihaknya juga belum bisa memastikan kapan tower bisa didatangkan. Sebab, hal itu adalah kewenangan pemerintah pusat. Sementara untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) hanya sebatas menyediakan lahan, dan perizinan serta amdal.

“Belum bisa dipastikan kapan tower akan didatangkan. Meski demikian kami masih tetap koordinasi dengan pihak pemerintah pusat. Kalau pun datang, pasti dari 17 titik akan seluruhnya bersamaan,” tandas Irfan Sarfan.

Untuk itu diketahui, 17 titik tersebut terdiri 17 desa, di antaranya desa Pelita Jaya dan Desa Naflou, Kecamatan Mangoli Timur. Desa Paslal, Wailoba dan Bruakol, Kecamatan Mangoli Tengah. Kemudian Desa Auponhia Kecamatan Mangoli Selatan. Desa Leko Kadai Kecamatan Mangoli Barat. Desa Modapia Kecamatan Mangoli Utara. Desa Wailia Kecamatan Sulabesi Timur. Desa Bega Kecamatan Sulabesi Tengah. Desa Pastina Kecamatan Sanana. Desa Man-Gega, Desa Wainin dan Desa Malbufa Kecamatan Sanana Utara. Desa Paratina, Nahi, dan Desa Ona Kecamatan Sulabesi Barat.

Reporter: Lutfi Teapon
Editor     : Redaksi
Copyrigh © Liputan12 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here