Zulhas Jadi Menteri, Ketua DPD PAN Pesibar Lampung Khairul Mukhtar Melenggang ke Senayan

0
39
Ketua DPD PAN Pesisir Barat Lampung Khairul Mukhtar akan menggantikan posisi Zulkifli Hasan di DPR/MPR yang ditunjuk menjadi Menteri Perdagangan oleh Presiden Jokowi. [Dok. Khairul Mukhtar]

BANDAR LAMPUNG | LIPUTAN12 – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung Khairul Mukhtar akan menggantikan posisi Zulkifli Hasan (Zulhas) di DPR/MPR RI.

Khairul Mukhtar ditunjuk menjadi pengganti antar waktu (PAW) Zulkifli Hasan di DPR/MPR RI yang ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan oleh Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Tribunlampung.co.id, Khairul Mukhtar membenarkan jika dirinya yang akan melenggang ke Senayan untuk menggantikan Zulkifli Hasan.

“Ya memang sudah dapat informasi kemarin. Proses PAW sedang diurus oleh DPP ke DPR karena terkait dengan pergantian Bang Zul yang masuk kabinet Pak Jokowi jadi Menteri Perdagangan,” kata Khairul Mukhtar, Selasa (21/6/2022).

Dia bersyukur diamanahkan untuk menggantikan posisi Zulhas. Khairul berharap dengan hadirnya dia di Senayan, bisa menyuarakan kepentingan masyarakat Lampung.

“Ya tentunya Alhamdulillah kita bersyukur. Pertama, kebetulan juga Ketua Umum mendapatkan jabatan eksekutif dan saya suara kedua terbanyak di bawahnya,” kata dia.

“Teman-teman yang pernah ngebantu di dapil itu juga bisa seneng dan akan kita support,” kata Khairul.

Untuk diketahui, sesuai Undang-Undang (UU) tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) Nomor 17 Tahun 2014, pasal 242 ayat 1 berbunyi Anggota DPR yang berhenti antar waktu sebagaimana dimaksud dalam pasal 239 ayat 1 dan pasal 240 ayat 1 digantikan oleh calon anggota DPR yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama.

Berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 987/pl.01.8-kpt/06/kpu/v/2019 tentang Penetapan Hasil Pemilu Pilpres, Anggota DPR, dan Anggota DPRD Provinsi, dan Kabupaten/Kota, Zulkifli Hasan meraih suara total 132.039 di Daerah Pemilihan (Dapil) Lampung I. Sementara, peringkat kedua di bawah Zulhas adalah Khairul Mukhtar yang meraih 14.830 suara.

Editor                    : Lekat Azadi
Copyright © liputan12.id 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here