Sidang Paripurna DPRD Sumenep Resmi Melantik Kiai Moh. Wasil Jadi Anggota PAW Fraksi PPP

0
27

SUMENEP | LIPUTAN12 – Untuk kedua kalinya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep menggelar Sidang Paripurna Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Di mana penggantinya adalah peraih suara terbanyak ketiga di Daerah Pemilihan (Dapil) III dari PPP yakni Kiai Drs. Moh. Wasil yang menggantikan Ahmad Salim yang sebelumnya berhalangan tetap karena meninggal dunia pada 13 Maret 202 lalu.

Pelantikan terhadap anggota dewan lewat Pergantian Antar Waktu (PAW) itu, Drs. Mohm.Wasil secara resmi dilakukan Senin (15/07/2022), di Gedung DPRD Kabupaten Sumenep.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Sumenep, Ketua dan Wakil Ketua serta anggota DPRD Kabupaten Sumenep, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah (Sekda), para asisten Sekda, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bagian, Camat, ketua KPU, ketua Bawaslu, pimpinan Partai Politik dan Ormas, pers, LSM dan undangan lainnya.

Ketua DPRD Kabupaten Sumenep, H. Abdul Hamid Ali Munir, menyampaikan, Pengambilan sumpah Kiai Wasil dalam jabatannya sebagai PAW berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Timur tentang pemberhentian dengan hormat atas nama Ahmad Salim dari kedudukannya sebagai anggota DPRD Sumenep masa jabatan 2019-2024.

“Alhamdulillah sidang paripurna pengukuhan anggota PAW dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berjalan lancar, Sesuai tata tertib, Syaiful Bahri untuk sementara ditempatkan di Komisi III DPRD Kabupaten Sumenep, di posisi anggota yang digantikan sebelumnya karena meninggal dunia,” ungkapnya.

Selanjutnya, pengangkatan Kiai Wasil sebagai PAW anggota DPRD Kabupaten Sumenep sisa masa jabatan tahun 2019-2024 terhitung mulai pengucapan sumpah atau janji.

“Dengan dilantiknya Kiai Wasil. Maka, keanggotaan DPRD Kabupaten Sumenep sudah lengkap 50 anggota, dan Kiai Wasil akan menduduki kursi di komisi IV,” jelasnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berharap, Kiai Wasil dengan cepat menyesuaikan diri. Sehingga antara legislatif dan eksekutif semakin menjadi satu kesatuan dalam menjalankan kepemerintahan di Kabupaten Sumenep.

“Kita adalah sama, tidak ada yang lebih tinggi dan kita bersama-sama membangun Kabupaten Sumenep yang kita cintai bersama-sama,” tandasnya.

Untuk Diketahui, sesuai data hasil perolehan suara Pemilu Legislatif DPRD Sumenep 2019 di KPU, Drs. Moh. Wasil merupakan Caleg dengan suara terbanyak ketiga di Dapil III yang diusungkan PPP. Sementara PPP tidak mengusulkan Achmad Badri selaku Caleg dengan suara terbanyak kedua, setelah Salim karena dinyatakan pindah partai dan bukan lagi kader PPP.

Dikonfirmasi Terpisah, Kiai Moh. Wasil Anggota DPRD yang baru dilantik menyampaikan, sebagai langkah awal di Komisi IV DPRD Sumenep, pihaknya lebih memfokuskan diri di sektor pendidikan yang ada di kabupaten sumenep.

“Sebagai anggota Komisi IV DPRD Sumenep yang menaungi sektor pendidikan, maka kami akan mengupayakan untuk meningkatkan pendidikan dengan berkolaborasi dengan leading sektor seperti Dinas Pendidikan,” ujarnya.

Oleh karena itu, pendidikan merupakan sektor penting dalam pembangunan dan membentuk karakter anak bangsa.

“Pendidikan ini sangat penting sekali, karena merupakan salah satu pondasi membangun negara dan kemajuan bangsa,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here