Siap Hadapi Pemilu 2024, KPU Sumenep Resmi Melantik 1002 Anggota PPS

0
35
Ketua KPU Sumenep Rahbini saat melantik 1002 anggota panitia pemungutan suara Pemilu 2024 di Gedung Adi Poday, Selasa, 24 Januari 2023. Dok. Foto: Kachonk/Liputan12

LIPUTAN12 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep melantik 1002 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk diambil sumpah/janji pada Pemilihan Umum Tahun (Pemilu) 2024 yang akan dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Sumenep.

Pelantikan seluruh anggota PPS oleh KPU tersebut berlangsung di Gedung Graha Adi Poday, Jalan Trunojoyo Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur, Selasa, 24 Januari 2023.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sumenep Rahbini mengatakan, seluruh anggota PPS harus siap bekerja secara profesional dan sesuai regulasi, dan wajib menjaga integritas sebagai penyelenggara Pemilu 2024 dan tidak terpengaruh dengan kepentingan pribadi dan kelompok tertentu.

“Penyelenggara itu juga harus siap bekerja secara profesional dan menjaga integritas sebagai penyelenggara pemilu 2024,” ujar Rahbini.

Ia menyampaikan, anggota PPS yang dilantik saat ini adalah mereka yang telah dinyatakan kompeten, setelah melalui berbagai tahapan seleksi, dari administratif, tulis hingga wawancara sebelumnya.

“Yang dilantik menjadi anggota PPS hari ini adalah sebanyak 1002 orang, yang terdiri 3 orang daru setiap desa,” terangnya.

Rahbini menyebutkan setiap tahapan pada Pemilu 2024 nanti akan selalu menuntut kekuatan tekad, mental dan fisik dari seluruh anggota KPU, PPK dan PPS.

Untuk itu, dirinya meminta agar setelah prosesi pelantikan, anggota PPS segera merapatkan barisan untuk melakukan koordinasi bersama Kepala Desa masing-masing.

“Karena ada beberapa hal yang harus saudara sekalian penuhi, untuk membentuk staf sekertariat,” jelasnya.

Selanjutnya, dia juga mengarahkan dalam dua hari ke depan, PPS harus segera membentuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), sebanyak jumlah TPS yang ada di Kabupaten Sumenep, yakni 4. 258 berdasarkan letak georgrafis masing-masing wilayah.

“Pada prinsipnya kita ini adalah sebagai pelayan para pemilih,” tegasnya.

Sementara, data pemilih hasil singkronisasi di Sumenep sebanyak 896.346 bertambah dari Pemilu sebelumnya sejumlah 822.320 bertambah.

“Kemudian data tersebut dilakukan pemetaan TPS dengan jumlah pemilih maksimal 300 orang di tiap TPS,” jelasnya.

Rahbini berharap, seluruh penyelenggara Pemilu di tingkat desa tersebut, dapat senantiasa menjaga kekompakan dan berpegang teguh pada pakta integritas yang telah ditandatangani tadi.

“Jagalah kode etik penyelenggara pemilu, untuk menjaga keluhuran amanah kalian,” tandasnya.

Sesuai tahapan, Pemilu 2024 akan digelar pada 14 Februari 2024. Pemilu kali ini dilaksanakan serentak. Pemilih akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, dan DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten/Kota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here