Dampak Cuaca Ekstrem, KPU Sumenep Lantik 13 Anggota PPK Kecamatan Kepulauan secara Daring

0
25
Ketua KPU Sumenep Rahbini saat melantik anggota PPK Pemilu 2024, di Bupati Hall, Rabu, 4 Januari 2023. Dok. Foto: Imam Kachonk/Liputan12

SUMENEP | LIPUTAN12 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep melantik 13 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 secara daring.

Ke 13 orang anggota PPK yang dilantik secara daring tersebut merupakan PPK dari Kecamatan Sapeken, Kangayan, Arjasa dan Gayam yang merupakan Kecamatan di wilayah Kepulauan Kabupaten Sumenep.

“Kami sudah melantik 135 orang anggota PPK Pemilu 2024. Hanya saja untuk 13 orang dilantik secara daring karena terkendala cuaca buruk, sehingga tidak ada kapal yang beroperasi,” kata Ketua KPU Sumenep Rahbini pada acara pelantikan di gedung Bupati Hall, Desa Pangarangan, Kecamatan Kota Sumenep, Rabu, 4 Januari 2023.

Rahbini menegaskan, sesuai dengan ketentuan, pelantikan Badan Adhoc penyelenggara pemilu harus tatap muka langsung, apalagi saat ini sudah bebas dari penerapan PPKM (Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat).

Namun, karena cuaca masih ekstrem dan tidak ada jadwal kapal berlayar, maka KPU RI memperbolehkan diberlakukan pengecualian khusus.

“KPU Sumenep sudah melaporkan ke KPU RI dan diperbolehkan, termasuk melaporkan situasi dan kondisi terkini di perairan di Sumenep saat ini,” jelas Rahbini.

Ia meminta kepada anggota PPK ini agar secepatnya beradaptasi dengan tugas-tugasnya sebagai penyelenggara, karena tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan.

“Setelah dilantik anggota PPK langsung mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) selama dua hari, mulai Rabu hingga Kamis besok,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here