Bahas Pengesahan 4 Raperda, DPRD Sumenep Rapat Dengar Pendapat Fraksi

0
39

SUMENEP | LIPUTAN12 – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep menggelar rapat paripurna dengan agenda dengar pendapat fraksi atas jawaban Bupati Sumenep mengenai empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), Selasa (23/2/2021).

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Sumenep Abdul Hamid Ali Munir menyampaikan, Empat Raperda tersebut meliputi Raperda penyelenggaraan toleransi kehidupan bermasyarakat, Raperda penyelenggaraan jalan, Raperda pemberdayaan nelayan, budidaya ikan dan tambak garam dan Raperda kabupaten layak anak.

“Dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, rapat paripurna dengan agenda jawaban fraksi-fraksi DPRD Sumenep atas 4 Raperda tahun 2021, saya nyatakan resmi dimulai,” ucap Ketua DPRD.

Pada sidang paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sumenep dan dilakukan pembacaan jawaban fraksi-fraksi DPRD Sumenep, ini menyetujui pembentukan Raperda atas nama kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam pendapat umunya fraksi-fraksi di parlemen Sumenep melihat secara keseluruhan empat Raperda tersebut sangatlah dibutuhkan. Misalnya Raperda yang diusulkan oleh Komisi I DPR Sumenep tentang toleransi ummat beragama, Raperda ini sangatlah dibutuhkan untuk menjaga harmonisasi kemajukan kehidupan berbangsa dan bernegara

“Kami dari Fraksi Nasdem Hanura Sejahtera (NHS), berharap terciptanya hubungan sosial yang damai dan tegaknya toleransi hubungan bermasayarakat,” kata Ketua Fraksi NHS Akis Jazuli saat membacakan pendapat fraksinya dalam rapat paripurna.

Anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan, Deky Purwanto mengatakan pentingnya membahas keempat raperda tersebut sebagai jalan menunaikan tugas dasar sebagai legislator sebagaimana yang telah dimandatkan oleh konstitusi.

“Agar dapat terhindar dari ironi produktifitas kita dalam menghasilkan raperda yang terbilang rendah, perlu kita tingkatkan sebagai bagian inti dari kewajiban legislator yang hendak mempertangungjawabkan kepada masyarakat luas,” katanya.

Sementara itu Pelaksana Harian (PLH) Bupati Sumenep Edy Rasiyadi selepas acara paripurna mengaku menyambut baik dan mendukung inisiatif empat Raperda oleh DPR Kabupaten Sumenep. Edy berharap kedepannya agar dapat diimplementasikan dengan baik

Apalagi kata dia, di tengah kemajemukan masyarakat Sumenep yang terdiri dari berbagai suku sangatlah dibutuhkan untuk mengeliminasi friksi-friksi yang ditimbulkan dari perbedaan raas, suku dan agama

“Selama ini sudah rukun, kedepannya kan kita tidak. Semoga dengan adanya Raperda ini tambah rukun,” tukasnya.

Redaktur      : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here