Sikapi Isu Sara, Sejumlah OKP di Kepulauan Sula Sampaikan Pesan Perdamaian

0
31

LIPUTAN12.ID|KEPSUL – Para Ketua Organisasi Kemahasiswaan, Organisasi Kepemudaan dan Organisasi Kemasyarakatan yang terdiri dari GMNI, KAMMI, IMM, Pemuda Muhammadiyah, KNPI dan Pemuda Pancasila Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) menyampaikan sikap bersama terkait situasi yang berkembang terutama isu dugaan penistaan Agama yang sedang hangat di Sula. Sikap bersama ini dibacakan di Resto Benteng Sanana, Rabu (29/01/2020) malam.

Para Ketua Organisasi yang terdiri dari Budiman Umasugi (Pj. Ketua GMNI), Tamsil Fokatea (Ketua KAMMI), Rikarto Azhar Saputra Sapsuha (Ketua IMM), Said Buamona (Ketua Pemuda Muhammadiyah), Ajis Banapon (Ketua KNPI) dan Herdiyanto Bone (Ketua PP) membacakan sikap bersama yang terdiri dari beberapa point di hadapan sejumlah awak media.

Berikut sikap bersama para Ketua Organisasi tersebut.

1. Mengajak warga masyarakat Kepulauan Sula khususnya dan Maluku Utara pada umumnya agar tidak terprovokasi dengan isu SARA yang berkembang saat ini.

2. Meminta kepada MUI dan FKUB atau Forum Komunikasi Umat beragama Kepulauan Sula untuk menghimbau kepada masyarakat agar menjaga kerukunan antar umat beragama.

3. Mendesak kepada Kapolres Kepsul agar lebih meningkatkan Kamtibmas dan bertindak tegas dalam menyikapi isu-isu hoax, SARA, Provokasi yang berkembang di Media Sosial saat ini.

4. Mengajak Masyarakat Kepsul agar tetap tenang serta bijak dalam menyikapi issue maupun opini yang berkembang saat ini, mari kita serahkan dan percayakan ke penegak Hukum sehingga tidak menimbulkan masalah yang merugikan kita secara bersama.

5. Kami segenap para Pimpinan Organisasi mengajak kepada masyarakat Kepsul untuk bersama-sama menjaga kerukunan antar umat beragama dan mengawal proses hukum terduga penista agama yang saat ini ditangani Polres Sula.

Ke 5 point pernyataan sikap bersama itu dibacakan oleh Herdiyanto Bone Ketua MPC-PP didampingi oleh para Ketua Organisasi lainnya.

Selanjutnya jubir dari kumpulan Organisasi Kemahasiswaan, Kepemudaan dan Kemasyarakatan Ajis Banapon yang juga Ketua KNPI Kepsul juga menyampaikan bahwa ini adalah langkah awal mereka. Selanjutnya mereka akan melakukan silaturahmi ke Polres Sula, MUI dan FKUB guna melakukan koordinasi dan komunikasi terkait isu yang berkembang saat ini.

“Masalah ini adalah personal atau Oknum Kita berharap tidak membias dan melebar sehingga menimbulkan kegaduhan yang berpotensi merugikan Kita semua,” tutup Ajis Banapon.

Reporter: Lutfi Teapon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here