Milad ke-8, FWHBU Gelar Diskusi Bertajuk Sinergitas dan Profesionalisme Jurnalistik

0
45

LIPUTAN12.ID|RUMPIN – Forum Wartawan Harian Bogor Utara (FWHBU), komunitas pelaku jurnalistik (wartawan) dari berbagai media, baik media cetak, televisi, radio dan media online yang bertugas di wilayah Utara dan Barat Laut Kabupaten Bogor, mengadakan acara tasyakuran sekaligus diskusi publik bersama seluruh anggota forum dan mitra kerja.

Kegiatan yang berlangsung di Saung The Green, Kampung Liwu Desa Kampung Sawah Kecamatan Rumpin, pada Jumat (27/12/2019) tersebut, dihadiri oleh puluhan anggota FWHBU dan anggota komunitas pecinta alam The Green serta beberapa pejabat pemerintahan.

Foto: Forum Wartawan Harian Bogor Utara (FWHBU) sebuah komunitas pelaku jurnalistik (wartawan) dari berbagai media cetak, televisi, radio dan online yang bertugas di wilayah Utara dan Barat Laut Kabupaten Bogor, mengadakan acara tasyakuran sekaligus diskusi publik bersama seluruh anggota forum dan mitra kerja di Saung The Green, Desa Kampung Sawah Kecamatan Rumpin, Jumat (27/12/2019).

Tampak hadir Rusliandi Camat Rumpin, Kapolsek Rumpin Kompol Asep Supriadi, Kepala Stasiun Klimatologi, Meteorolgi dan Geofisika Citeko Asep Firman Ilahi, Ketua AGJT Junaidi Adi Putra, Ketua BTJ Sudadi serta tamu undangan lainnya.

Dalam sesi diskusi publik, ada berbagai masalah seputar dunia jurnalistik yang menjadi materi pembahasan. Ketua FWHBU MJ. Fahri mengatakan, sejak di deklarasikan pada 27 November 2011 di kantor LBH Keadilan Bogor Raya (KBR) Kecamatan Kemang bersama Sugeng Teguh Santoso dan beberapa awak media, FWHBU sebagai wadah komunikasi wartawan tetap fokus dan konsisten menjaga martabat/marwah profesi jurnalis.

“FWHBU tetap konsisten dalam menjaga prinsip dan nilai dasar serta profesionalisme kerja jurnalistik sesuai UU Pers dan kode etik jurnalistik. Soliditas internal forum dan sinergitas dengan mitra kerja adalah modal utama eksistensi FWHBU dalam memberikan informasi dan memberi kontribusi edukasi bagi masyarakat,” ungkap wartawan koran PAKAR ini.

Camat Rumpin Rusliandi dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa, sinergitas dengan awak media adalah sebuah keniscayaan dan keharusan bagi keberlangsungan pembangunan.

“Saya berharap kehadiran wartawan dan FWHBU bisa terus bersinergi, sehingga bisa bersama sama dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan masyarakat, khususnya di Kecamatan Rumpin.” ungkap Rusliandi.

Sedangkan Kapolsek Rumpin menegaskan, profesi jurnalistik sangat penting dalam upaya membantu menjaga Kamtibmas dan kondusifitas wilayah. Silaturahmi dan diskusi semacam ini sangat berguna bagi semua pihak.

“Saya berharap kegiatan semacam ini bisa lebih di perbanyak lagi oleh rekan rekan FWHBU,” ujar Kompol Asep Supriadi.

Sementara Asep Firman Ilahi Kepala Stasiun Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Citeko Bogor mengungkapkan, kemitraan dengan wartawan atau pelaku jurnalistik dalam mendiseminasi (menyebarkan) informasi merupakan sebuah hal yang sangat membantu dan dapat mencegah berbagai informasi yang tidak benar.

Menurutnya, selain keterbatasan jangkauan edar, BMKG terkadang juga kesulitan menyampaikan bahasa teknis dan ilmiah kepada masyarakat.

“Adanya sinergitas dengan wartawan jelas sangat membantu, karena informasi dapat menyebar kepada semua masyarakat dari berbagai kalangan,” jelasnya.

Di tempat yang sama Ketua AGJT, Junaidi Adi Putra mengaku sangat terbantu dengan adanya sinergitas dan profesionalisme jurnalistik yang tergabung di FWHBU.

“Ada berbagai masalah di tengah kehidupan masyarakat, kami dapat menyuarakan hal hal tersebut dengan bantuan rekan – rekan jurnalis terutama di FWHBU,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here