Libur Nataru, Kasat Lantas Polres Bogor: Sistem One Way Diberlakukan Setiap Hari Secara Bergantian

0
118

AKP Fadly Amri, S.I.K., M.Hum., Kasat Lantas Polres Bogor

LIPUTAN12.ID|BOGOR – Akhir pekan ini merupakan awal dari dimulainya libur Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) 2020. Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor telah mempersiapkan pengamanan arus lalin di sepanjang Jalur Puncak di masa liburan saat ini.

“Di awal musim liburan Nataru ini yang juga bersamaan dengan dimulainya libur semesteran sekolah sudah nampak adanya lonjakan kendaraan yang mengarah ke Jalur Puncak. Hal ini dapat dilihat dari pantauan kendaraan yang keluar dan masuk di Gerbang Tol Ciawi,” ujar Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri, S.I.K., M.Hum di simpang Gadog, Minggu (22/12).

Pada hari Sabtu tanggal 21 Desember 2019 Satlantas Polres Bogor memberlakukan sistem One Way arah atas yakni pada pagi hari, yaitu pukul 7.30 WIB. Sekira pukul 12.30 wib dilaksanakan kembali proses One Way, namun saat ini dilakukan arah bawah, tindakan ini terbukti efektif.

“Sistem one way ke atas pada pagi hari dan ke bawah pada siang hari terbukti lebih efektip. Sekitar pukul 15.30 wib, jalur puncak telah dinormalkan kembali 2 arah karena kepadatan arus telah berkurang,” jelas Kasat Lantas.

Sedangkan pada hari minggu tanggal 22 Desember 2019, lanjut Kasat Lantas, sistem one way kembali diberlakukan mulai pukul 07.30 wib yang kemudian dinormalkan sekitar jam 09.30 wib. Melihat kepadatan arus kendaraan yang akan turun, sekitar pukul 12.30 wib. Diberlakukan proses One Way arah bawah dan dinormalkan sekitar pukul 19.00 wib.

“Berdasarkan data yang ada kendaraan yang keluar Gerbang Tol Ciawi pada hari ini, Minggu (22/12) sebanyak 22.490 kendaraan yang exit gerbang tol ciawi dan sampai pukul 18.00 tadi yang sudah masuk ke entrance Tol Ciawi 20.711 kendaraan,” imbuh Fadli.

Berdasarkan data tersebut, anggota Satlantas Polres Bogor tetap bersiaga untuk mengantisipasi kepadatan di jalur puncak.

Ditambahkannya, selama musim liburan natal dan tahun baru ini, petugas Polres Bogor akan melaksanakan rekayasa sistem satu arah yang terbukti masih efektif untuk mengatasi kepadatan jalur puncak. Perlu diingat dan dijadikan pedoman bagi masyarakat yang ingin ke puncak bahwa dari pukul 7.30 wib hingga 12.30 wib akan diberlakukan sistem one way arah atas. Sedangkan pukul 13.00 wib hingga 18.00 wib. sistem one way arah ke bawah.

“Tentunya pembukaan dan penutupan arus ini akan menyesuaikan kondisi arus di lapangan, kami membagikan informasi secara realtime di akun Instagram, twitter dan facebook @tmcpolresbogor. Silahkan akses dan buka sebelum mengarah ke puncak, kami juga membuka hotline whatsapp di nomor +62-812-8858-2462,” tambah Fadli.

Terbukti dengan massive nya pemberitaan tentang jadwal buka tutup ini dan juga sistem rekayasa yang tepat sasaran dan penempatan personil yang terarah sehingga dapat secara efektif membantu penguraian kepadatan di jalur puncak karena masyarakat bisa mengatur perjalanannya dengan baik.

“Kami juga berinovasi dengan membuat rest area titik pending sehingga masyarakat yg terkena penutupan arus bisa beristirahat dsana, sholat, toilet dan charging handphone. Kami ingin mencoba memberikan pelayanan secara optimal kepada masyarakat sesuai arahan Kapolri utk menjadi polisi yg melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat,” tutup Perwira dengan balok tiga di pundak ini.

Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here