Danrem 061/SK Instruksikan Jajarannya untuk Serius Bantu Korban Banjir Bandang

0
28

BOGOR | LIPUTAN12 – Akibat hujan yang turun terus menerus sejak kemarin pagi dan tingkat volume yang cukup tinggi mengakibatkan meluapnya air sungai Cisampai (anak sungai Ciliwung), sehingga mengakibatkan banjir bandang, pada Selasa (19/1/2021).

Danramil 2124/Cisarua Mayor Inf Aris mengatakan banjir bandang yang terjadi mengakibatkan sedikitnya 2 unit bangunan rumah dan 1 warung rusak berat, di area Perumahan Karyawan PTPN VIII Gunung Mas, Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor.

“Dampak dari peristiwa banjir bandang tersebut, 2 unit bangunan rumah dan 1 warung rusak berat,” kata Mayor Inf Aris.

Dari keterangan yang dirilis Penerangan Korem (Penrem) 061/Suryakancana, untuk melakukan perbantuan penyelamatan bagi korban bencana Tim gabungan yang terdiri dari unsur Polsek dan Koramil serta Satpol PP Kecamatan Cisarua, Unsur Tagana, Unsur Damkar Ciawi, Ormas (Pemuda Pancasila), Puskesmas Cisarua, Tim Offroad Gayatri, Serta Siskomdes Tugu Selatan, secara bahu membahu menuju tempat kejadian untuk melakukan perbantuan penyelamatan bagi korban bencana.

Selain itu, unsur dari Forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) juga telah melaksanakan Koortas dengan pihak PTPN untuk melaksanakan penanganan awal bencana, dengan melaksanakan evakuasi penghuni rumah di Perumahan Karyawan (lebih kurang 120 KK).

Kemudian menyiapkan dan menempatkan lokasi penampungan sementara di aula Wisma Affandi, area gunung Mas, mendata personel (Pengungsi dan Perbantuan dari Tagana, BPBD, Ormas, dan Damkar), menyiapkan Posko Terpadu di kantor PTPN gunung Mas, mendata kebutuhan para pengungsi dan menyiapkan dapur umum untuk kebutuhan pengungsi, serta melaksanakan pengamanan lokasi, sortir personel yang tidak berkepentingan masuk lokasi.

Brigjen TNI Achmad Fauzi selaku Komandan Korem 061/SK memerintahkan kepada seluruh jajaran Muspika untuk segera menangani kejadian bencana alam tersebut secara serius, dan juga segera memperbaiki kerusakan sejumlah sarana yang rusak akibat bencana banjir bandang di Cisarua.

Sementara yang berkaitan dengan evakuasi warga terdampak, Danrem meminta untuk segera menyediakan tempat tinggal sementara dan juga menitik beratkan pada ketersediaan logistik dan kebutuhan lain bagi para pengungsi yang berada di pengungsian.

“Saya ingin menyampaikan duka yang mendalam atas musibah banjir di Cisarua. Semoga masyarakat yang terdampak mendapatkan kesabaran dan keikhlasan,” ujar Danrem.

Redaktur : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here