Tingkatkan Kualitas Keahlian Siswa, SMK Tonjong Laksanakan UKK Tahun 2021-2022

0
25

BOGOR | LIPUTAN12 – Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah kebijakan pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan di Indonesia pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Tujuan diadakannya UKK ini adalah untuk mengukur pencapaian siswa dalam kompetensi pada level tertentu.

Pelaksanaan UKK dilaksanakan dalam bentuk ujian praktik yang bertujuan untuk menguji aspek keterampilan, aspek pengetahuan dan sikap pada satu event sekaligus.

Pelaksanaan UKK biasanya dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan dan digunakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), Industri dan atau menggunakan perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementrian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) yang berlangsung di tempat uji kompetensi masing-masing.

Instrumen Verifikasi Tempat Uji Kompetensi Keahlian merupakan instrument yang dapat digunakan untuk menilai kelayakan instansi atau satuan pendidikan untuk menyelenggarakan UKP atau Ujian Praktik Kejuruan.

Atas dasar ini, SMK Tonjong pada hari Senen (29/3) melaksanakan UKK untuk dua jurusan keahlian, yaitu jurusan Multi Media (MM) dan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP).

Ketua pelaksana UKK SMK Tonjong, Matri Naptuti, S.E., M.Pd menjelaskan bahwa UKK kali ini berlangsung selama tiga hari sejak Senin hingga Rabu, tanggal 31 Maret 2021.

“Sedangkan untuk penguji UKK ini bekerjasama dengan penguji external dari ASAPI Bandung sebanyak 2 orang, dan internal Yayasan sebanyak 3 orang.

Sementara, Kepala Sekolah SMK Tonjong, Mulyo Hartono, S.Pd berharap dari UKK akan diketahui sampai sejauh mana keahlian siswa siswinya dalam jurusannya masing-masing.

“Ya, dari pelaksanaan UKK ini akan diketahui sampai sejauh mana keahlian siswa siswinya dalam jurusannya masing-masing, dan akan jadi tolok ukur penilaian selanjutnya,” harapnya.

Redaktur      : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here