Disdik Sumenep Keluarkan SE Kegiatan Pondok Ramadhan Tetap Patuhi Prokes Covid-19

0
36
Mohammad Iksan, Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep (dok. kachonk/liputan12)

SUMENEP | LIPUTAN12 – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep Provinsi Jawa Timur mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang pelaksanakan kegiatan Pondok Ramadhan di lingkungan sekolah.

SE tersebut dengan Nomor: 800/503/435.101.1/2021 ditujukan kepada seluruh Kepala PAUD/SKB Negeri dan swasta. Selain itu juga ditujukan pada Kepala SD/SMP Negeri dan swasta dan Ketua PKBM/LKP di bawah naungan Disdik Sumenep harus melaksanakan kegiatan pondok Ramadhan.

Isi dalam SE tersebut sebagai tindak lanjut Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Nomor: 42051435 101 1/2020 tanggal 09 Juli 2020, tentang hari efektif, hari efektif fakultatif dan hari libur bagi satuan pendidikan di bawah naungan Dinas Pendidikan Sumenep tahun pelajaran 2020/2021.

“Sesuai SE yang kami sampaikan ke semua sekolah, bahwa sekolah wajib melaksanakan hari libur ramadhan, hari efektif dan hari efektif fakultatif selama bulan ramadhan ini,” kata Pelaksana tugas (Plt) Disdik Sumenep, Moh. Iksan, Jumat (23/4/2021).

Menurutnya, Pondok Ramadhan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik.

“Kegiatan Pondok Ramadhan itu bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan anak-anak peserta didik kepada Allah SWT,” ujarnya.

Terkait dengan model dan metode pengajaran pada saat kegiatan pondok ramadhan berlangsung, Disdik membebaskan setiap sekolah sesuai dengan kebutuhan di setiap jenjang tingkatan sekolah.

“Tentunya pelaksanaan pondok ramadhan antara sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) itu berbeda, apalagi materinya juga tidak sama tingkatannya. Jadi semuanya dipasrahkan penuh kepada pihak sekolah sesuai dengan kondisi masing-masing sekolah,” urainya

Ia juga mengingatkan dengan tegas kepada setiap sekolah untuk menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan (prokes). Sebab kegiatan pondok ramadhan menggunakan sistem pertemuan tatap muka.

“Untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kami tetap mengimbau sekolah tetap mematuhi prokes pada kegiatan pondok ramadhan,” tandasnya.

Redaktur     : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here