Terima Bantuan IOM dan ECHO, Ade Yasin Sampaikan Keseriusan Pemkab Bogor Tangani Bencana

0
52
Bupati Bogor Ade Yasin saat menerima bantuan kemanusiaan dari IOM dan ECHO di Kantor Bupati Bogor, Cibinong, Kamis (29/4/2021).

BOGOR | LIPUTAN12 – Bupati Bogor Ade Yasin menerima bantuan kemanusiaan berupa torn air, paket hygiene, papan informasi, paket isolasi mandiri dan lampu tenaga surya serta baju hazmat dari International Organization for Migration (IOM) dan European Civil Protection and Humanitarian Aid Operation (ECHO).

“Alhamdulillah, selama masa pandemi ini kita berada di zona merah hanya satu kali, selebihnya berada zona orange. Saat ini kondisinya terkendali walapun satu harinya hampir 100 kasus, tapi kalau dibandingkan dengan jumlah penduduk itu memang lebih sedikit dibanding kota-kota lain,” ungkap Ade Yasin usai menerima bantuan kemanusiaan di Kantor Bupati Bogor, Cibinong, Kamis (29/4/2021).

Ia menambahkan, tapi ini juga meningkatkan perhatian kita, maka kita menerapkan yang pertama, Kabupaten Bogor pernah mengajukan PSBB yang pertama di Jabodetabek dengan catatan-catatan. Hal ini, upaya awal kita supaya angka tertularnya menurun, dan sampai saat ini masih kita berlakukan PPKM.

“Kemudian kita lakukan penanganan maksimal melalui 4 RSUD dan 2 pusat isolasi, tapi kalau yang menangani Covid itu di Bogor ada 29 rumah sakit. Meskipun sekarang sudah turun, kita harus tetap waspada,” ujar Ade.

Bupati juga menjelaskan dalam penanganan bencana, memang beban dirasakan berat, misalnya pada saat kita pernah banjir besar dan longsor di wilayah Kecamatan Jasinga. Jumlah korbannya banyak, belum selesai penanganan itu datanglah bencana non alam Covid-19.

“Jadi, saat itu kita harus betul-betul menjaga jangan sampai saat terkena musibah, ditambah terpapar Covid-19,” paparnya.

“Kita lakukan penanganan bencana dengan protokol kesehatan yang ketat. Saat itu, yang utama kita perhatikan adalah kebutuhan pangannya tercukupi. Urusan pangan itu urusan perut tidak boleh telat, kalau mereka mau sehat ya harus tercukupi kebutuhan pangannya,” tandas Ade.

Soal bantuan, Ade Yasin menuturkan, kami bersyukur sekali atas bantuan dan dukungan yang diberikan IOM dan ECHO.

“Kami tidak melihat besar kecilnya, tapi lebih melihat kepeduliannya, kami menerima dengan senang hati. Bantuan dan dukungan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bogor,” tuturnya. **

Redaktur       : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here