Publikasi Kinerja Bidang Pemdes DPMD Kabupaten Bogor TA 2021 “Lantik 88 Kades dengan Prokes Ketat”

0
25

BOGOR | LIPUTAN12 – Bupati Bogor, Ade Yasin melantik 88 kepala desa (Kades) terpilih di lapangan Tegar Beriman Cibinong, Jumat (5/2) lalu. Tak seperti biasanya, pelantikan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat.

Ade Yasin meminta agar pemerintah desa mampu menerjemahkan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 21 Tahun 2020 tentang pedoman umum pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Arah kebijakan, perencanaan pembangunan, pelaksanaan program, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, harus difokuskan pada upaya pencapaian tujuan desa sebagaimana dalam aturan Menteri Desa Nomor 21 Tahun 2020,” kata Bupati.

Tak hanya itu, kepala desa terpilih juga diharapkan dapat memberikan perubahan kepada masyarakat.

“Harus bisa menghentaskan kemiskinan, desa sehat sejahtera, pendidikan yang berkualitas, desa tanpa kemiskinan dan bisa memenuhi segala kebutuhan masyarakat di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Tidak kalah penting, sambung Ade, perumusan arah kebijakan pembangunan desa, juga mesti didasari oleh pendataan potensi desa yang valid dan mutakhir.

“Saat itu semua dilakukan, maka kebijakan pemerintah desa dapat lebih terarah dan tepat sasaran,” tutupnya.

Adapun, Pilkades serentakak ini diikuti oleh 753.798 masyarakat pemilik hak pilih, dengan 1.612 tempat pemungutan suara (TPS).

Redaktur      : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here