Pemkab Sumenep Kucurkan Dana Milliaran Rupian untuk Peningkatan Pembangunan di Pulau Raas

0
32

SUMENEP | LIPUTAN12 – Guna mempercepat proses pembangunan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menganggarkan dana di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022 untuk program pembangunan di Kecamatan (Pulau) Raas.

“Ini adalah salah satu bentuk ilhtiyar Untuk mewujudkan Program Pemerintah Daerah dalam membangun Kepulauan di kecamatan Raas,” kata Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi seusai silaturahmi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat, di Kantor Kecamatan Raas, Ahad (05/06/2022).

Pihaknya menjelaskan, Beberapa kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan di Kecamatan Raas antara lain di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, meliputi peningkatan jalan Kropoh – Ketupat dengan anggaran sebesar Rp499.999.000,00.

Selain itu, pembangunan MCK Plus Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Pondok Pesantren (Ponpes) Sarajut Ahyan Desa Alas Malang Kecamatan Raas Rp116.006.850,00.

“Program lainnya yakni pembangunan MCK/MWK Ponpes Sirajul Akhyar Desa Alas Malang Rp75.003.420,00,” jelas Bupati Lora Fauzi.

Di samping itu Politisi PDI Perjuangan menuturkan, untuk program lainnya berada di Dinas Perikanan yang total dananya sebesar Rp245.787.256,00, perinciannya adalah pengadaan paket pancing ulur (pancing kakap) untuk satu KUB sebesar Rp32.832.162,00.

“Pengadaan GPS dan Fish Finder untuk satu KUB sebesar Rp20.455.094,00 dan Pengadaan sarana dan prasarana (sarpas) budidaya rumput laut sistem longline untuk lima Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) dengan besaran bantuan setiap Pokdakan Rp38.500.000,” paparnya.

Suami Dari Nia Kurnia Fauzi ini menegaskan, Untuk Dinas Pendidikan di Kecamatan Raas juga menganggarkan dana program di APBD 2022 ini, seperti kegiatan pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), kegiatan pengelolaan pendidikan Sekolah Dasar, kegiatan pengelolaan pendidikan Sekolah Memenengah Pertama (SMP), dan kegiatan pengelolaan pendidikan non formal atau kesetaraan.

“Anggaran dana program di Kecamatan Raas, totalnya mencapai Rp3 miliar 697 juta 546 ribu,” terangnya.

Sehingga Bupati Ra Fauzi Berharap, segenap lapisan masyarakat melaksanakan kegiatan pembangunan yang sudah direncanakan untuk 2022 ini.

“Kegiatan pembangunan ini merupakan komitmen pemerintah Kabupaten Sumenep untuk meningkatkan pembangunan di wilayah kepulauan,” pungkasnya.

Sementara, Dikonfirmasi Ditempat yang sama Salah seorang warga Pulau Raas Andi Patawali mengaku senang atas kunjungan Bupati bersama rombongan ke desanya, karena bisa berkomunikasi langsung dengan segenap masyarakat.

“Kami sangat berterima kasih atas adanya Safari Kepulauan dari Bupati bersama rombongan ke Pulau Raas,” kata Andi Patawali seusai mengikuti kegiatan Bupati.

Safari kepulauan yang dilaksanakan Pemerintah Daerah dengan adanya tatap muka, tentu saja masyarakat bisa lebih mudah menyampaikan aspirasi.

“Alhamdulillah, Bupati saat serap aspirasi langsung mendapat respon positif, salah satunya sarana komunikasi dalam waktu dekat dibangun di Desa Gua-gua Kecamatan Raas untuk memenuhi keinginan masyarakat,” tandasnya.

Editor                    : Lekat Azadi
Copyright © liputan12.id 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here