Pemkab Pamekasan Gelar Isbat Nikah Massal Tahun 2019 Bagi 141 Pasutri Belum Miliki Buku Nikah

0
90

LIPUTAN12.ID|PAMEKASAN – Bupati Pamekasan Ngunduh mantu dalam rangka pelaksanaan Isbat Nikah Massal Tahun 2019 yang digelar di Pendopo Mandhepah Agung Ronggosukowati Pamekasan, Madura Jawa Timur, Senin (02/12/2019).

Sebanyak 141 pasangan suami istri yang belum punya buku nikah di kabupaten Pamekasan, Antusias mengikuti Isbat nikah masal yang diselenggarakan oleh Pemkab Pamekasan.

Tampak hadir di acara tersebut Forkopimda dan Ketua pengadilan Negeri Pamekasan, Ketua pengadilan Agama Pamekasan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan beserta jajarannya, Sekertaris Daerah, Para staf Ahli Bupati, Para asisten Sekda, para pimpinan SKPD serta Para camat.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pernikahan yang dilaksanakan dengan memperhatikan syarat dan rukun nikah syah menurut agama kita. Tetapi syarat-syarat administratif yang mengatur tentang legalitas kelangsungan dan kelanggengan sebuah lembaga perkawinan tidak kalah pentingnya dan akan semakin baik serta dianjurkan masyarakat pamekasan yang agamis, demokratis, menjunjung tinggi hukum, nilai budaya serta menghormati hak-hak perempuan.

“Pernikahan yang tidak dilengkapi dengan dokumen nikah meskipun syah menurut agama, tetapi memiliki tingkat kerawanan tertentu dalam pelaksanaanya,” ungkap Baddrut Tamam.

Lebih lanjut Bupati Muda Tampan ini menjelaskan, cukup banyak pelanggaran terhadap perempuan dan anak dari pernikahan tanpa Akte nikah, misalnya istri yang ditinggal suami tanpa alasan dan anak tidak dapat hak waris serta kekerasan rumah tangga.

“Sesuai dengan kemampuan anggaran, Pemkab Pamekasan akan selalu mengupayakan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, salah satunya melalui kegiatan sidang isbat hari ini,” jelasnya.

Dari pantauan awak media, sebelum menerima buku nikah dan bertemu dengan pengantin wanita, para peserta pengantin pria diarak dari depan gedung DPRD Pamekasan menuju Mandhepah Agung Ronggosukowati.

Acara yang diselenggarakan tiap tahun ini, para pasangan sebelumnya sudah melakukan isbat terlebih dahulu di masing-masing kecamatan, dari 13 kecamatan yang ada di kabupaten Pamekasan.

Reporter: Agus Panji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here