Lantik Kadisdukcapil, Bupati Bogor Minta Pelayanan Dasar Masyarakat Harus Cepat, Tepat dan Akurat

0
41
Bambang Setiawan, saat dilantik sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil oleh Bupati Bogor Ade Yadin, di Aula Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bogor, Senin (14/6/2021).

BOGOR | LIPUTAN12 – Bupati Bogor Ade Yasin menegaskan pelayanan dasar masyarakat harus dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat. Harus ada respon yang cepat, kalau Standar Operasional Prosedur (SOP) nya 14 hari selesai, harus selesai. Kalau kurang dari itu lebih baik, jangan sampai melebihi SOP yang sudah ditentukan.

Hal itu disampaikannya saat melantik Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor, Bambang Setiawan, di Aula Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bogor, Senin (14/6/2021).

“Disdukcapil adalah dinas pelayanan dasar masyarakat, jadi kerjanya melayani masyarakat secara administrasi maupun secara pelayanan. Seperti proses pengerjaan KTP, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA) dan lain sebagainya harus disegerakan,” tandas Ade Yasin.

Kemudian Ade menjelaskan bahwa dirinya suka mencatat aduan-aduan masyarakat terkait pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil). Biasanya langsung diteruskan kepada Kepala Dinas, tapi karena kemarin sempat terjadi kekosongan, jadi disampaikan ke staf-stafnya.

“Ketika ada aduan di medsos dan dimanapun selalu dicatat dan ditindaklanjuti melalui Kepala Dinasnya,” ujar Ade Yasin.

Selain itu pekerjaan tambahan Kepala Dinas adalah setiap hari harus mengikuti berita dan perkembangan terutama berkaitan dengan aduan masyarakat, pastikan apakah masyarakat sudah terlayani dengan baik. Jangan sampai ada masyarakat yang mengeluh lama mengantri mendapatkan dokumen kependudukan dan yang lainnya. Perhatikan SOP jangka waktu pengurusan, sehingga tidak ada lagi keluhan masyarakat,” jelas Ade.

Ade pun meminta, program layanan antar dokumen kerjasama dengan Kantor Pos diteruskan, karena masyarakat merasa mendapatkan kemudahan ketika dokumen-dokumen yang sudah selesai diantar langsung ke masyarakat melalui Kantor Pos.

“Kasihan kalau masyarakat, misalnya yang dari Jasinga, Tenjo, Sukamakmur, Tanjungsari, dan wilayah yang berjauhan lainnya harus mengambil dokumen langsung ke Cibinong. Jadi pelayanan harus mempermudah masyarakat dengan layanan antar tersebut,” pintanya.

Pelantikan Kadisdukcapil dihadiri Wakil Bupati Bogor, Ketua DPRD kabupaten Bogor serta perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kabupaten Bogor.

Redaktur    : Lekat Azadi
Copyright ©2021 liputan12.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here