Kades Ujung Tombak Pembangunan, Wagub Jabar: Niatkan Jabatan karena Allah SWT untuk Ibadah

0
62

LIPUTAN12.ID|KUNINGAN – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, jadikan jabatan kepala desa jalan menuju ridho Allah SWT. Niatkan karena Allah untuk ibadah.

Hal itu dikatakan Uu Ruzhanul Ulum, saat menghadiri Acara Pelantikan 203 Kepala Desa di Kabupaten Kuningan, di GOR Ewangga, komplek Stadion Mashud Wisnusaputra, Sabtu (28/12/2019) kemarin, seperti dilansir dari halaman resmi Humas Jabar.

Menurutnya, pemimpin memiliki tiga tugas utama. Pertama, memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Kemudian, memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Terakhir, memberikan rasa khusyuk umat beribadah.

“Pemimpin harus hadir sebagai sosok yang adil dalam mensejahterakan masyarakat. Kepala desa merupakan salah satu jabatan strategis dalam struktur organisasi pemerintahan di Indonesia. Sebab, kepala desa menjadi ujung tombak pembangunan dan pelayanan secara langsung kepada masyarakat,” ungkap Uu.

Oleh karena itu, ia berharap, kepala desa dapat berkontribusi besar mewujudkan inovasi Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar yang bernama Desa Juara.

“Desa Juara sendiri, memiliki tiga pilar. Yakni digitalisasi Iayanan desa, One Village One Company (OVOC), dan Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa),” katanya.

Dia menjelaskan, dari tiga pilar tersebut turun sederet program, seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Jembatan Gantung Desa (Jantung Desa), Jalan Mulus Desa, Sapa Warga, dan sejumlah program Iainnya.

“Makanya wajar Pak Gubernur disebut sebagai Gubernur Desa,” ucap Uu.

Hal senada juga dikatakan Bupati Kuningan Acep Purnama. Dia menjelaskan kepala desa sebagai ujung tombak pembangunan pemerintah daerah kabupaten/kota maupun provinsi.

“Alhamdulillah pelantikan kali ini dihadiri Pak Wagub Jabar. Mudah-mudahan momentum bersejarah ini manjadi titik awal, dalam rangka membangun desa yang maju, mandiri, sejahtera, demokrasi, berkeadilan, yang sejalan dengan semangat Undang-Undang desa,”  ungkap Acep.

Acep juga mengimbau kepada kepala desa yang dilantik untuk melaksanakan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Paling penting kehadiran Pak Wagub juga membawa keberkahan. Di mana masing- masing akan mendapat mobil Maskara,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut, Wakil Gubernur juga menyerahkan enam unit Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) kepada desa berprestasi. Keenam desa tersebut berhasil meraih status desa mandiri, desa inovatif, Juara Lomba Desa, dan Kategori Desa Laboratorium Sinergitas.

Berikut Desa Penerima Mobil Maskara Tahun 2019, di Kabupaten Kuningan:
1. Desa Kadugede, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan, Kategori Desa Mandiri.
2. Desa Ancaran, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Kategori Desa Mandiri.
3. Desa Ciawigebang, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, Kategori Desa Mandiri.
4. Desa Sadamantra, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Kategori Desa Inovatif Bidang Perkemahan dan Peternakan.
5. Desa Cibulan, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan, sebagai Juara 1 Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019.
6. Desa Cibingbin, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan, Kategori Desa Laboratorium Sinergitas menuju Desa Mandiri (DLS DM).*

Editor: Apih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here