Baru Dilaunching, Pelayanan Imigrasi di Sumenep Sudah Mencapai 500 Orang Urus Paspor

0
31
Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Kabupaten Sumenep Abd Rahman Riyadi

LIPUTAN12 – Sejak dibukanya layanan imigrasi yang berada di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sumenep Jawa Timur, terdapat lebih dari 500 orang telah melakukan pengurusan paspor.

Untuk diketahui, sebagai wujud “Bismillah Melayani” Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) resmi membuka Unit Layanan Paspor di Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur pada 13 Desember 2022 lalu.

Dalam keterangannya, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Kabupaten Sumenep Abd Rahman Riyadi mengatakan, jumlah tersebut berdasarkan data yang masuk hingga hari ini.

“Dari data kita, yang sudah mengurus paspor itu kurang lebih 500 orang, sejak awal di launching pada bulan lalu,” ucapnya saat ditemui awak media diruang kerjanya, Senin, 17 Januari 2023.

Rahman mengaku, dari banyaknya masyarakat yang berminat untuk membuat atau memperpanjang paspor, maka tak jarang gerai imigrasi kehabisan kuota dokumen pengurusan paspor.

Sehingga, Mantan Kepala BPBD Sumenep menilai, mayoritas pengurusan paspor masih didominasi oleh masyarakat yang ingin berangkat umroh. Hal tersebut, menurutnya dipicu karena beberapa masyarakat yang batal untuk berangkat haji dan memilih untuk umroh, karena waiting list yang cukup lama.

Jadi terdapat sejumlah orang yang mengurus paspor untuk kepentingan menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI), baik di Hongkong, Malaysia maupun Arab Saudi.

“Paling banyak memang masyarakat yang akan berangkat umroh,” ujarnya.

Kendati demikian, Pemerintah daerah berkomitmen akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya.

“Kita pasti akan berikan yang terbaik kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sekedar Informasi, layanan pembuatan dokumen keimigrasian di MPP Kabupaten Sumenep langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat oleh Kantor Imigrasi Kabupaten Pamekasan.

Pelayanan paspor di MPP Sumenep dibuka dua kali dalam sepekan, yakni Senin dan Kamis pada jam kerja kantor. Namun manakala masyarakat pemohon layanan cukup tinggi, tentu saja waktu layanan ditambah secara bertahap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here