1.760 Vial Vaksin Covid-19 Tahap II Tiba di Sumenep dengan Pengawalan Ketat TNI-Polri

0
15

SUMENEP | LIPUTAN12 – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menerima vaksin Covid-19 Tahap Kedua. Vaksin Sinovac tiba di Dinas Kesehatan pada Senin (23/2/2021) sekitar pukul 22.00 WIB. Vaksin tersebut berada di kamar penyimpanan Farmasi milik Dinas Kesehatan dengan pengawalan ketat anggota TNI-Polri dan Tim Gabungan Polda Jatim.

Kedatangan vaksin Sinovac Covid-19 tahap kedua di Dinkes Sumenep ini akan segera disalurkan pada pelayan publik, seperti TNI-Polri, ASN dan lansia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, Agus Mulyono menyampaikan sebanyak 1.760 Vial vaksin Sinovac Covid-19 yang siap disalurkan, satu Vial vaksin Sinovac Covid-19 digunakan untuk 10 dosis dari jangkauan 17.600 sasaran.

“Jumlah vaksin yang kami terima adalah 1.760 vial, dan Satu vial itu untuk 10 dosis. Jadi pengiriman tahap kedua ini adalah untuk 17.600 sasaran, dan kami ingin segera mendistribusikan. Saat Ini sudah koordinasi dengan Provinsi untuk segera dilakukan Pendistribusian ke setiap kecamatan untuk dilakukan vaksinasi,” kata Agus saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (23/2/2021).

Agus menjelaskan, vaksin tahap kedua ini memiliki dua sesi, sama halnya dengan tahap pertama yang berlangsung awal bulan Januari lalu. Pihaknya menargetkan jika penyaluran vaksinasi tahap kedua bisa selesai dalam kurun waktu satu minggu di sesi pertama.

“Jadi karena proses pendaftarannya itu online dari masing-masing institusi dan OPD melalui pusdatin. Nanti kita tunggu dari pusat itu berapa banyak pelayan publik dan berapa banyak lansia,” jelasnya.

Pihaknya juga menekankan, setelah data sasaran diterima oleh pemkab Sumenep, selanjutnya vaksin akan didistribusikan ke-27 kecamatan, ke Puskesmas-Puskesmas dan semua layanan kesehatan yang ada di Kabupaten Sumenep.

Agus menambahkan, vaksinasi Covid-19 tersebut akan dilakukan tiga tahap, pertama untuk tenaga kesehatan (Nakes), kedua untuk pelayanan publik dan lansia, sementara tahap ketiga yaitu untuk masyarakat secara umum.

“Ini masih berjalan 10 persen. Pada Tahap pertama saja sudah berjalan ke 6.240 dua sesi ditahap pertama,” tukasnya.

Redaktur       : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here