Laporkan Temuan Dugaan Korupsi ke KPK, Direktur Eksekutif Emrus Corner Apresiasi Langkah FWBB

0
152
Emrus Sihombing, Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), dan Direktur Eksekutif Emrus Corner (dok. liputan12).

BOGOR | LIPUTAN12 – Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menilai langkah yang ditempuh teman-teman wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Bogor Bersatu (FWBB) selama telah mengantongi bukti yang dapat dipertanggungjawabkan, maka langkah tersebut sudah tepat dan layak mendapat apresiasi.

Menurutnya, ini sebuah kemajuan dari kesadaran masyarakat untuk dapat berperan aktif membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memerangi kasus korupsi yang di luar jangkauan dari KPK itu sendiri.

“Saya mengapresiasi langkah teman-teman dari FWBB,” ungkap Emrus Sihombing melalui pesan singkat WhatsApp, Kamis (27/5/2021)

Melihat pemberitaan yang dimuat oleh beberapa media belakangan terkait hal itu, Emrus Sihombing yang juga Direktur Eksekutif Emrus Corner ini menerangkan, apa yang telah dilakukan oleh FWBB itu merupakan tindak lanjut dari sebuah karya jurnalistik yang disebut dengan Jurnalisme Investigasi.

“Bentuk pelaporan FWBB, saya analisa merupakan hasil dari Jurnalisme Investigasi, di mana dari investigasi yang mereka dalami, terus didukung dengan fakta yang dapat diyakini baru mereka menilai adanya dugaan unsur korupsi di investigasi tersebut yang menguatkan langkah mereka untuk melangkah ke KPK, dan itu adalah karya jurnalistik,” bebernya.

Disinggung resiko dari pelaporan yang dilakukan FWBB, Ermus menjelaskan bahwa terdapat 3 profesi di Indonesia yang dilindungi oleh Undang-undang, dan dari ketiga itu salah satunya ialah Wartawan.

“Wartawan, Dokter dan Pastor merupakan profesi di Indonesia yang dilindungi oleh Undang-undang. Sekali lagi saya tekankan, selama itu berbentuk karya jurnalistik dan dapat dipertanggungjawabkan, kenapa harus takut,” tegasnya.

Dia juga mengatakan, bila ada pihak yang mempertanyakan terkait pemberitaan tersebut, disarankan teman-teman wartawan bisa memberikan jawaban sama seperti yang saya baca di artikel berita.

“Saya sarankan teman-teman wartawan bisa memberikan jawaban sama seperti yang saya baca di artikel berita, yaitu silahkan mempertanyakannya langsung ke pihak KPK. Karena dengan sudah diterimanya laporan tersebut, maka sudah jadi ranahnya KPK untuk menjawabnya,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Forum Wartawan Bogor Bersatu (FWBB) yang diketuai Iwan Boring mendatangai kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta untuk melaporkan dugaan korupsi di salah satu SKPD Kabupaten Bogor.

“Iya betul, hari ini kami melaporkan salah satu SKPD di Kabupaten Bogor ke KPK atas dugaan korupsi,” ucap Ketua FWBB Iwan Boring kepada awak Media di Jakarta, Selasa (25/5/2021).

“Laporan tersebut berdasarkan hasil investigasi tim FWBB yang memantau salah satu Dinas yang ada di Kabupaten Bogor,” lanjutnya.

Ketika ditanya terkait laporan di atas, Iwan enggan memberikan komentar secara detail. Ia meminta silahkan bisa ditanyakan langsung ke lembaga antirasuah itu melalui Plt. Juru bicara KPK, Ali Fikri.

“Untuk lebih detailnya, silahkan bisa ditanyakan langsung ke Pak Ali Fikri selaku Plt. Juru bicara KPK,” singkatnya. **

Redaktur   : Lekat Azadi
Copyright ©2021 liputan12.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here