Polda Banten Ikuti Upacara HUT ke-40 Satpam Secara Virtual

0
36

SERANG, BANTEN | LIPUTAN12 – Kepolisian Daerah (Polda) Banten mengikuti Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40 Satuan Pengamanan (Satpam) yang dilaksanakan secara virtual di ruang Vicon Polda Banten, Selasa (2/2/2021) pagi.

Dalam HUT ke-40 Satpam kali ini mengambil tema “Tingkatkan Profesionalisme dan Kompetensi Satuan Pengamanan Menjadi Profesi Yang Membanggakan dan Bermatabat.”

Kegiatan upacara HUT Satpam dipimpin oleh Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., dan diikuti dari pejabat Polda Banten, yaitu Dirbinmas Polda Banten Kombes. Pol Riki Yanuarfi, S.H., M.Si., Wadirbinmas Polda Banten AKBP Zaenudin, Ketua Abujapi Banten, Sekretaris Executive, Bendum, Ketua Apsi Banten, PT. Panglima Siaga Bangsa, PT. Mitra Kawanua Mandiri, PT. Tujuh Desa Kreasi, PT. Bima Global Security, PT. Reza Karya Abadi.

Dalam arahannya, Kakorbinmas Baharkam Polri menghimbau agar tetap menjaga dan menjalin sinergitas antara satuan pengamanan dengan TNI-Polri dalam menjaga keamanan di tempat kerja nya masing masing.

“Untuk Filosofi seragam Satpam yang berwarna cokelat muda, untuk baju dan cokelat tua, untuk celana dengan makna cokelat identik dengan warna tanah atau bumi, kayu, dan batu yang berarti warna alami. Warna cokelat dinilai merupakan warna netral yang melambangkan kebersahajaan, pondasi, stabilitas, kehangatan, rasa aman dan nyaman, serta rasa percaya, keanggunan, ketabahan, dan kejujuran,” ujar Irjen Pol Suwondo Nainggolan.

Irjen Pol Suwondo Nainggolan menyampaikan bahwa kemiripan seragam Satpam dengan Polri ini diharapkan dapat menumbuhkan terjalinnya kedekatan emosional antara Polri dan Satpam, menumbuhkan kebanggaan Satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas, memuliakan profesi Satpam, dan menambah penggelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat.

“Senantiasa jaga kesehatan, tanamkan kebanggan serta kehormatan sebagai satuan pengamanan khusus guna menjunjung tinggi kehormatan sebagai bagian dari satuan pengamanan khusus, tingkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga keamanan di lingkungan kerjanya masing masing, tingkatkan kopetensi diri melalui point pendidikan maupun hal lainnya, dan selama masih pandemi covid-19 ini selalu terapkan protokol kesehatan guna menjadikan SDM sehat, ” ujar Irjen Pol Suwondo Nainggolan.

Setelah melakukan upacara, Ditbinmas Polda Banten dipimpin oleh Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Riki Yanuarfi, S.H., M.Si melakukan syukuran dan pemotongan nasi kuning sebagai tanda HUT ke-40 Satpam.

“Semoga ke depan, Satpam semakin profesional karena Satpam sendiri merupakan salah satu garda yang membantu Kepolisian dalam menjaga keamanan khususnya di wilayah hukum Polda Banten,” ujar Riki Yanuarfi.

Sumber   : Bidhumas
Redaktur : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here