Hari OTDA XXV, Wapres Ma’ruf Amin Minta Pemda Berinovasi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

0
25
Bupati Ade Yasin dan Wakil Bupati Iwan Setiawan, beserta Wakil Ketua DPRD, Sekda dan jajaran Pemda kab Bogor ikuti puncak peringatan hari OTDA XXV, secara virtual di ruang rapat I Setda, Cibinong Bogor, Senin (26/4/2021).

BOGOR | LIPUTAN12 – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bogor mendapatkan pesan dari Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma’ruf Amien untuk terus berinovasi meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Hal itu disampaikan Wapres Ma’ruf Amin secara virtual di hadapan Bupati dan Wakil Bupati Bogor, beserta Wakil Ketua DPRD, Sekretaris Daerah dan jajaran pemerintah daerah pada puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXV, di ruang Rapat I Sekretariat Daerah, Cibinong, Senin (26/4/2021).

“Saya meminta seluruh jajaran Pemda sebagai ujung tombak pemerintahan agar selalu menjadi contoh dan pelopor dalam berinovasi meningkatkan kualitas pelayanan publik maupun dalam menegakan protokol kesehatan, serta menyukseskan program vaksinasi di seluruh Indonesia,” kata Wapres.

Wapres juga menambahkan bahwa pelaksanaan otonomi daerah yang berkualitas membutuhkan kepemimpinan adaptif, artinya pemimpin yang mampu menghadapi berbagai situasi, cepat dan tepat dalam bertindak dan berorientasi terhadap pemecahan masalah dengan selalu menyesuaikan dirinya dengan perubahan dan keadaan baru.

“Selamat Hari Otonomi Daerah, bangun semangat kerja dan tingkatkan gotong-royong di masa pandemi Covid-19 untuk masyarakat sehat, ekonomi daerah bangkit dan inovasi maju,” tandasnya.

Selanjutnya Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian memaparkan peringatan Hari Otonomi Daerah bukan hanya peringatan seremonial yang diselenggarakan secara rutin, namun memiliki makna yang sangat dalam.

“Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021, dengan tema “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19, untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, dan Indonesia Maju,” menjadi momentum kepala daerah dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19,” papar Tito.

Lebih lanjut Tito menuturkan, kepala daerah diuji kehebatannya dalam menghadpai pandemi Covid-19 dengan merumuskan kebijakan solusi yang berdampak positif bagi masyarakat. Hal ini penting karena pandemi memberikan dampak multidimensi terhadap pembangunan di daerah.

“Kita melihat momentum Peringatan Hari Otda ke-25 ini adalah challenge bagi semua kepala daerah, ketika mereka berhasil keluar dari dampak sosial dan dampak ekonomi pandemi Covid-19. Di situlah kepala daerah yang hebat,” kata Mendagri. **

Redaktur     : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here