oleh

Penutupan KIBINA Tingkat Dasar ke-18 dan KIB Jepang Bagi Calon Taruna NDA Tahun 2020

LIPUTAN12.ID|JAKARTA – Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Yudhy Chandra Jaya, M.A. secara resmi telah menutup Kursus Intensif Bahasa Indonesia (KIBINA) Tingkat Dasar ke-18 dan Kursus Intensif Bahasa Jepang Bagi Calon Taruna National Defence Academy (NDA) di Ruang Rapat Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan, Jum’at (27/3/2020) pukul 11.00 WIB.

Dalam sambutannya, Kapusdiklat Bahasa mengucapkan selamat atas keberhasilan para alumni dalam menyelesaikan pendidikan ini. Menurut Kapusdiklat Bàhasa keberhasilan yang telah diraih saat ini merupakan hasil jerih payah para alumni yang hanya bisa diraih melalui kesungguhan dan niat belajar yang tinggi.

Kapusdiklat Bahasa menambàhkan, bagi siswa KIBINA, ijazah yang para alumni miliki bukan sekedar bukti bahwa para alumni pernah belajar di Pusdiklat Bahasa, namun sebagai bukti bahwa telah mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar pada level tertentu.

“Saat ini, bahasa Indonesia mulai berkembang dan diminati oleh negara-negara sahabat seiring dengan meningkatnya kerjasama bidang teknologi, perdagangan, sosial budaya dan militer. Tidak mustahil, pada suatu saat nanti para alumni akan menjadi ujung tombak diplomasi dan kerjasama bagi negara para alumni berasal dengan Indonesia,” kata Brigjen TNI Yudhy Chandra Jaya, M.A.

Kapusdiklat Bahasa mengajak untuk meningkatkan terus kemampuan berbahasa Indonesia di lingkungan baru. Harapan Kapusdiklat adalah agar bahasa Indonesia yang telah didapatkan selama di Pusdiklat Bahasa ini membantu keberhasilan dalam melaksanakan tugas belajar selanjutnya.

“Kepada Para calon Taruna NDA, meskipun dalam waktu yang sangat singkat, jadikanlah kemampuan berbahasa Jepang yang sangat terbatas tersebut sebagai bekal awal pembelajaran di NDA Jepang nanti. Ibarat snow ball effect, semakin lama bergulir maka akan semakin membesar, demikian juga kemampuan bahasa Jepang yang anda miliki saat ini diharapkan akan meningkat dengan signifikan pada saat anda berada di Jepang,” pesan Kapusdiklat Bahasa.

Selain tersebut di atas Kapusdiklat Bahasa juga berharap agar para Taruna dapat membawa nama baik bangsa dan negara dengan mencerminkan perilaku dan kinerja yang baik. Promosikan nama baik bangsa dan negara Indonesia. Galang persaudaraan atau networking antar Taruna di lembaga baru nanti, karena anda akan bergaul dengan para Taruna dari berbagai negara, dan itu akan sangat bermanfaat di kemudian hari.

“Sekali lagi, saya mengucapkan “Selamat dan sukses” kepada para alumni yang telah menyelesaikan Kursus ini dengan baik,” tandasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, terkait dengan wabah COVID-19 atau virus Corona, kepada para alumni Kapusdiklat Bahasa berpesa untuk Menjaga kesehatan diri dan keluarga dengan tetap berolah raga, mengkonsumsi makanan bernutrisi, serta istirahat yang cukup.

“Batasi kerumunan di tempat-tempat umum dan melakukan “social distancing”. Segera kunjungi dokter atau fasilitas kesehatan terdekat apabila merasakan gejala demam atau sakit lainnya,” pungkasnya.

Redaksi

Komentar

News Feed