oleh

Publikasi Kinerja Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bogor

Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Bogor Tahun 2021

Dr. Ir. Hj. Syarifah Sofiah, M.Si, Kepala Bappedalitbang

Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2021, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang), pada hari Senin, tanggal 17 Februari Tahun 2020 bertempat di Aula Bappedalitbang menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Bogor Tahun 2021.

Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD merupakan salah satu tahapan dalam proses penyusunan RKPD Kabupaten Bogor yang dilaksanakan pada tahap awal. Forum ini bertujuan untuk mendapatkan saran dan masukan dari perangkat daerah dan pemangku kepentingan lainnya terkait isu strategis, tema dan prioritas pembangunan daerah tahun 2021.

Forum Konsultasi Publik dibuka oleh Sekretaris Daerah yang dalam hal ini di wakili Assisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir. H. Joko Pitoyo, CES. Besarnya perhatian dalam merancang pembangunan Tahun 2021, Forum konsultasi Publik dihadiri oleh 17 anggota DPRD kabupaten Bogor, termasuk 2 orang wakil ketua. Selain itu dihadiri pula oleh kelompok LSM dan media yang sangat antusias ingin berpartisipasi memberikan saran dan masukan terbaik untuk Kabupaten Bogor. Secara umum, pemangku kepentingan yang diundang berasal dari kalangan DPRD, akademisi, mahasiswa, ormas dan LSM, asosiasi, ikatan, organisasi, jurnalistik, yayasan, komunitas, persatuan, dunia usaha/dunia industri, perbankan, BUMD, pondok pesantren, dunia pendidikan (SMP dan SMA/SMK), dan instansi vertikal di daerah. Antusiasme yang cukup tinggi tertuang dari banyaknya masukan dan saran dari peserta yang akan dikaji oleh Bappedalitbang.

Melalui paparan yang di sampaikan oleh Kepala Bappedalitbang Dr. Ir. Hj. Syarifah Sofiah, M.Si, menjelaskan bahwa kondisi berdasarkan capaian makro Kabupaten Bogor tahun 2019, jumlah penduduk di Kabupaten Bogor telah mencapai 5.965.410 juta jiwa, meningkat 2,20% dari tahun 2018. IPM juga menunjukkan adanya peningkatan, dari 69,69 poin menjadi 70,41 poin. Kemiskinan dapat ditekan sebesar 0,48% dari tahun 2018 yang tercatat sebesar 7,14 %, sehingga di tahun 2019 menjadi 6,66%. Pengangguran juga mengalami penurunan sebesar 0,68%, dari 9,75% menjadi 9,06% di tahun 2019.

Adapun PDRB Kabupaten Bogor tahun 2019 meningkat sebesar 20,12 Trilyun, dari tahun 2018 sebesar 220,33 T, menjadi 240,45 T. Terdapat 9 isu strategis yang diangkat untuk tahun 2021, yaitu :
1. Ketahanan bencana dan lingkungan hidup
2. SDM, pendidikan dan kesehatan
3. Kemiskinan
4. Ketimpangan wilayah
5. Konektivitas infrastruktur
6. Ketenteraman dan ketertiban umum
7. Pertumbuhan ekonomi daerah
8. Reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan daerah
9. Pariwisata dan kebudayaan daerah

Adapun tema dan prioritas pembangunan, masih mengacu pada RPJMD, yaitu : “Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor dengan Pancakarsa”, adalah :
1. Meningkatkan kualitas dan aksesibiltas pendidikan
2. Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat
3. Meningkatkan daya saing perekonomian daerah dan pelayanan publik
4. Meningkatkan pemerataan pembangunan yang berkelanjutan
5. Meningkatkan ketertiban dan kenyamanan masyarakat berdasarkan nilai-nilai keagamaan yang berkeadaban.

Tahun 2021 merupakan tahun ketiga periode RPJMD Kabupaten Bogor tahun 2018-2023. Pada tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Bogor tengah menyiapkan perubahan nomenklatur program, kegiatan dan sub kegiatan berdasarkan arahan Permendagri Nomor 90 tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah. Untuk itu, RKPD tahun 2021 akan diarahkan berdasarkan target kinerja utama daerah dan Pancakarsa yang telah disinkronkan dengan nomenklatur baru sebagaimana ketentuan permendari Nomor 90 Tahun 2019 tersebut.

Pada tahap awal, data sangat sementara program, kegiatan dan sub kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 sebanyak 328 Program, 761 Kegiatan serta 2.636 Sub Kegiatan. Data ini masih dapat berubah seiring dengan pelaksanaan tahapan berikutnya pada proses penyusunan Rencana Kerja (Renja) perangkat Daerah dan RKPD.

Diharapkan hasil dari Forum Konsultasi Publik ini nantinya akan menjadi bahan penyusunan Rancangan RKPD Tahun 2021 sebagai bahan perencanaan pembangunan daerah untuk tahun 2021 sehingga akan menghasilkan program kerja yang dapat dipertanggungjawabkan dan sesuai kebutuhan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor pada tahun 2021.

Redaksi

Komentar

News Feed