oleh

Puluhan Siswa SMK Golden Rancabungur Belajar IT ke Diskominfo Kabupaten Bogor

LIPUTAN12.ID|BOGOR – Salah satu upaya meningkatkan kesiapan dan pembekalan para siswa dalam menghadapi Praktek Kerja Lapangan (PKL) di semester  yang akan datang maupun persaingan dunia kerja, Puluhan Siswa SMK Golden Rancabungur Kabupaten Bogor belajar pengelolaan Teknologi Informatika ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor melalui kunjungan kerja lapangan.

“Ini dilakukan guna meningkatkan wawasan, pengetahuan dan skill siswa dalam menghadapi industry 4.0 dan perkembangan teknologi informatika. Sehingga mampu menguasai teknologi informatika dengan optimal,” kata Khairul yang merupakan Guru produktif ilmu komputer dan jaringan, SMK Golden Rancabungur saat kunjungan kerja lapangan ke Diskominfo Kabupaten Bogor, Rabu (12/2/2020).

Ditambahkannya, kami pilih Diskominfo karena sesuai dengan program dan keahlian SMK Golden Rancabungur, yakni teknik komputer dan jaringan.

“Alhamdulillah melalui kegiatan ini kita memperoleh tambahan ilmu pengetahuan, bagaimana pengelolaan teknologi informatika yang baik dan benar,” jelas Khairul.

“Kami juga sangat berterimakasih, atas sambutan hangat dari pihak jajaran Diskominfo Kabupaten Bogor. Ini semakin memotivasi kami untuk memberikan pembekalan pembelajaran yang lebih baik lagi kepada para siswa,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kabid Egoverment Diskominfo Kabupaten Bogor Ernaningsih mengatakan, optimalisasi pengelolaan Teknologi Informatika (IT) di Kabupaten Bogor, yakni pengembangan jaringan intranet ke seluruh wilayah Kabupaten Bogor. Saat ini terbangunnya intranet dan website di 40 Kecamatan Se-Kabupaten Bogor yang memiliki 19 Kelurahan, 416 Desa, 20163 UMKM, 828 lembaga pendidikan mulai dari SD, SMP, dan SMA. 30 Sektor Pariwisata, 40 Perangkat daerah, serta BUMD Kabupaten Bogor.

“Terbangunnya teknologi informatika melalui intranet dan website di Kabupaten Bogor, menjadi sarana untuk menyebarluaskan informasi mengenai laporan kinerja, program dan kegiatan mulai dari tingkat Kabupaten Bogor, Kecamatan hingga Desa dan Kelurahan. Pemanfaatan email dan website kecamatan dan desa, diharapkan bisa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kinerja seluruh Kabupaten Bogor,” kata Ernaningsih.

Di era teknologi, lanjut Ernaningsih, seluruh masyarakat harus menguasai teknologi informasi.

“Tentunya hal ini tidak hanya dapat meningkatkan pembangunan Pemkab Bogor, akan tetapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Kabid IKP Diskominfo Kabupaten Bogor, Yunita Mustika Putri menuturkan, dengan adanya website kecamatan, desa dan kelurahan setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Bogor, Pemerintah Kecamatan, Desa, dan Kelurahan baik menggunakan APBD maupun non APBD, wajib mempublikasikan perencaanaan maupun proses penyerapan anggaran tersebut sehingga sistem pemerintahan bisa lebih transparan.

“Selain itu juga bisa memudahkan pemerintahan Kecamatan, Desa dan Kelurahan khususnya. Tujuannya dalam rangka pengendalian, memantau dan memonitoring setiap pengadaan dan kegiatan yang dilakukan Pemerintah,” tukasnya.

Salah satu Siswa SMK Golden Rancabungur, Fitra mengaku bangga bisa turut serta melakukan kunjungan lapangan ke Diskominfo Kabupaten Bogor. Banyak pengetahuan dan wawasan baru mengenai cara pengelolaan teknologi dan informatika.

“Alhamdulilah saya bisa tahu aplikasi apa saja yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Bogor, bagaimana pengelolaannya. Ini pengalaman baru yang bisa saya terapkan di sekolah untuk mengembangkan kemampuan dalam berinovasi,” ungkap Fitra.

Redaksi

Komentar

News Feed