oleh

Dinsos Kepsul Salurkan Program BPNT kepada Ratusan KPM di 6 Desa

LIPUTAN12.ID|KEPSUL – Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara salurkan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di enam Desa di wilayah Kecamatan Sulabesi Timur, pada Senin (10/2/2020). Keenam Desa Penerima BPNT tersebut adalah Desa Waigayofa, Waisepa, Baleha, Sama, Fatkayoun dan Desa Wailia.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kepulauan Sula (Kepsul) dalam keterangannya mengatakan, program BPNT adalah program pemerintah pusat yang masuk dalam skema Program Bantuan Sosial.

“Kami selaku pemerintah daerah berkewajiban mensukseskan program tersebut agar penerima BPNT sesuai terget,” ujar Rifai Apin Masuku.

Ia juga menyampaikan, di tahun 2020 ini ada kenaikan besaran BPNT kepada Keluarga Penerima manfaat (KPM).

“Ada kenaikan jumlah bantuan, dari 110 ribu pada tahun 2019 menjadi 150 ribu perbulan di tahun 2020. Hal ini demi menjaga stabilitas daya beli masyarakat,” ujar Rivai.

Ditambahkannya, dinsos juga mengabarkan akan menambah komoditas pangan sesuai budaya konsumsi masyarakat penerima BPNT. Sementara itu terkait kendala di lapangan menyangkut Desa-desa yang belum terakses jaringan internet, Dinsos mensiasati dengan melakukan ‘Gesek atau Pembelian’ di Kota/Kabupaten.

“Agar program ini bisa terus berjalan, kita siasati dengan melakukan gesek atau pembelian di Kabupaten/Kota, sambil menunggu akses Internet dan Toko Sembako yang bisa dijadikan _merchant_ di tiap-tiap Desa,” ungkap Kadinsos.

Program BPNT mendapat sambutan baik dari masyarakat

“Terima kasih pemerintah, bantuan ini sangat berarti buat Kami,” ujar Ibu Samaiya Wambes asal Desa Waigayofa.

Hal Senada juga disampaikan oleh Pak Nasir Sangadji masih dari Desa Waigayofa dan Kades Waisepa Adja Sibela.

“Sangat bagus, dan terima kasih perhatian dari Pemerintah”, ujar keduanya.

Kemudian terkait dengan adanya masyarakat yang belum terdaftar menerima bantuan namun layak menerima, Kadinsos Rifai Apin Masuku menyarankan agar dilakukan Musyawarah Desa dan diajukan keluarga tersebut untuk menjadi penerima program BPNT.

Dari pantauan, hingga sore hari, Dinas Sosial Kepulauan Sula masih membagi-bagikan ratusan karung beras dan juga keranjang telur dengan menggunakan dua Dump Truck. Beras dan Telur ini dibagikan kepada 45 KPM desa Waigayofa, 24 KPM desa Waisepa, 39 KPM desa Baleha, 47 KPM desa Sama, 29 KPM desa Fatkayoun, dan 32 KPM desa Wailia.

Terlihat tim dari Dinas Sosial dibantu oleh Pemerintah Desa dan pandamping Program BPNT maupun Program Keluarga Harapan (PKH) serta Tokoh Masyarakat dari Masing-masing Desa.

Reporter: Lutfi Teapon

Komentar

News Feed