oleh

Universitas Muhammadiyah Tangerang Buka Program Studi Baru Magister Hukum

LIPUTAN12.ID|TANGERANG – Program Studi Magister Hukum Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) berdiri berkenaan dengan ditetapkannya Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 26/M/2020 tentang izin pembukaan program studi magister hukum dengan konsentrasi bidang hukum bisnis, hukum peradilan, dan hukum ketatanegaraan.

Rektor UMT Dr. H. Ahmad Amarullah, M.Pd menjelaskan bahwa perkuliahan dilaksanakan dengan sistem kredit semester (SKS) dan dapat ditempuh dengan maksimal masa studi 8 (delapan) semester atau 4 (empat) tahun.

“Kurikulum program studi dirumuskan berdasarkan hasil beenchmarking terhadap perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) terkemuka,” kata Dr. H. Ahmad Amarullah, M.Pd.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pascasarjana UMT Dr. H. Priyo Susilo, M.M., menuturkan bahwa pendekatan pembelajaran yang digunakan antara lain menggunakan metode pembelajaran berbasis teori dan penelitian. Melalui kedua pendekatan ini mahasiswa dapat mengkaji dan memahami berbagai teori dan perkembangannya.

“Selain itu mahasiswa dapat memperoleh penilaian prestasi belajar berdasarkan karya penelitiannya yang dipublikasikan di berbagai jurnal ilmiah,” ungkap Dr. H. Priyo Susilo, M.M.

“Pendidikan berbasis penelitian juga memposisikan para dosen sebagai fasilitator dalam pelaksanaan penelitian ilmiah di bidang hukum,” imbuhnya.

Sementara, menurut Kaprodi Magister Hukum Pasca Sarjana UMT Dr. Upik Mutiara, S.H., M.H., menjelaskan para dosen yang mengampu mata kuliah pada Magister Hukum UMT mempunyai kualifikasi dan kompetensi yang mumpuni di bidang ilmu hukum diantaranya adalah:
-Prof. Dr. Hikmahanto Yuwono
-Prof. Dr. Ade Saptomo, S.H., M.H
-Prof. Dr. Mella Ismelina F. Rahayu, S.H., M.Hum
-Prof. Dr. H. Aris Gumilar, M.M
-Dr. H. Ahmad Amarullah, M.Pd
-Dr. H. Desri Arwen, M.Pd
-Dr. H.M. Bay Masruri, M.M
-Dr. Hamdan Zoelfa, S.H., M.H
-Mochammad Najih, S.H., M.H., Ph.D
-Dr. Sulardi, S.H., M.Si
-Dr. Upik Mutiara S.H., M.H
-Dr. Bukhori, S.H., M.H
-Dr. Agus Darmawan, ST, S.H., M.H
-Dr. Tri Cahya Indra Permana, S.H., M.H
-Dr. Franky Aryadi, S.E., S.H., M.M
-Dr. Prayitno Iman Santoso, S.H., M.H
-Dr. Safrizal, S.H., M.H.
-Dr. Muslim Mamulai, S.H., M.H.
-Dr. Rono Prakoso, S.H., M.Hum., M.Kn

Waktu pendaftaran setiap hari kerja (senin s.d sabtu pukul 10-16.00 wib), ketentuan dan syarat pendaftaran adalah mahasiswa lulusan program sarjana (S1 semua jurusan), lulus tes masuk dan bersedia mematuhi segala ketentuan akademik yang berlaku.

Adapun perkuliahan terdiri dari kelas reguler (perkuliahan selama 3 hari) dan kelas eksekutif perkuliahan hanya di hari sabtu. Materi tes tulis terdiri dari tes potensi akademik (TPA) dan Bahasa Inggris.

Alamat email kampus www.pascasarjana.umt.ac.id jalan jenderal Sudirman Tangcity Park Blok G1-G2 Kota Tangerang depan lobby Business Park Tangcity. Contact Dr. Upik Mutiara, S.H., M.H (081371841997) Email infomhumt@umt.ac.id IG: magisterhukumumt.

“Semoga dengan adanya penambahan prodi Magister Hukum ini akan menambah kualitas dan kuantitas mahasiswa magister hukum yang dapat menghadapi tantangan yang semakin dinamis dan kompleks di bidang hukum,” tandasnya.

Redaksi

Komentar

News Feed