oleh

Apel Siaga Penanggulangan Bencana di Purbalingga Lanud JB Soedirman Gelar Peralatan SAR

LIPUTAN12.ID|PURBALINGGA – Beberapa kejadian bencana seperti tanah longsor dan angin ribut sudah terjadi sejak Desember dan Januari ini. Tentunya hal ini perlu kita antisipasi agar seluruh jajaran meningkatkan komitmen terhadap kemungkinan – kemungkinan terjadinya bencana dan penangananya pasca bencana.

Hal itu disampaikan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE., BEcon, M.M usai Apel Siaga Penanggulangan Bencana di Halaman Pendapa Dipokusumo, Rabu (8/1/2020).

Hadir pada kesempatan tersebut, di antaranya Komandan Lanud J.B. Soedirman Letnan Kolonel Pnb Arie Sulanjana S.T., M.P.M., Kapolres Purbalingga AKBP Kholilur Rochman SH., SIK., MH., dan Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Yudhi Novrizal,S.I.P., M.Han.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan dalam periode sepekan ke depan terdapat potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang dibeberapa wilayah Indonesia termasuk di Kabupaten Purbalingga.

Menyikapi kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga mengerahkan seluruh stakeholder kebencanaan melaksanakan Apel Siaga Penanggulangan Bencana. Tujuanya untuk memantapkan dan mensiagakan personel serta peralatan yang ada dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana, dimana puncak musim hujan wilayah kabupaten purbalingga diprakirakan pada bulan Januari dan bulan Februari mendatang.

Bupati Tiwi memastikan, pemkab Purbalingga telah siap menghadapi berbagai kemungkinan terjadinya bencana bersinergi dengan seluruh komponen, Forkopimda, TNI/Polri dan seluruh organisasi kemasyarakatan.

“Kita sudah menyiapkan sumber daya personel, peralatan dan anggaran untuk menghadapi itu. Tapi tentu kita berharap Purbalingga akan terhindar dari bencana. Kalaupun ada kita sudah siap,” katanya.

Redaksi

Komentar

News Feed