oleh

Ruhiyat Sujana Terjunkan Relawan ke Lokasi Bencana

KABUPATEN BOGOR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, mencatat ada 41 bencana setelah diguyur hujan sejak Selasa (31/12/2019) hingga Rabu (1/1/2020) sore, di seluruh wilayah Kabupaten Bogor.

“Ada 41 titik bencana di Kabupaten Bogor. Mulai dari ringan, pohon tumbang sampai yang besar-besar seperti banjir ini,” kata Yani Hasan, Kepala BPBD kabupaten Bogor.

Sedangkan, dampak kerusakan paling berat, yaitu bencana banjir di Kecamatan Jasinga akibat luapan Sungai Cidurian.

Melihat kondisi seperti ini, Barisan Relawan Ruhiyat Sujana (BARA RS) akan menurunkan relawan untuk membantu evakuasi warga yang terkena musibah. Selain itu, kami juga akan menggalang dana untuk korban bencana ini.

“Kami merasa terpanggil, atas musibah bencana yang terjadi di kabupaten Bogor ini. Kami akan menggerakkan relawan kami untuk ikut membantu evakuasi korban bencana dan kami juga akan menggalang dana untuk korban bencana tersebut,” ungkap Nazarudin, Koordinator Relawan BARA RS.

“Kami sangat apresiasi kepada pemerintah daerah yang sigap dalam merespon bencana ini,” imbuhnya.

Ruhiyat Sujana, anggota DPRD kabupaten Bogor fraksi partai Demokrat, sangat mengapresiasi atas kepekaan relawan nya dalam merespon bencana alam ini.

“Saya pun akan ikut terjun langsung bersama relawan meninjau lokasi bencana luapan sungai Cidurian di kalong sawah kecamatan Jasinga,” kata Ruhiyat kepada Liputan12.id, Kamis (2/1/2020).

Saya juga mendapatkan informasi dari beberapa tokoh agama di sekitar lokasi bencana bahwasanya, ada beberapa pondok pesantren yang roboh terbawa arus sungai Cidurian.

Saya juga akan berkordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan penanggulangan bencana ini teratasi dengan baik dan cepat.

“Dinas kesehatan misalnya, memastikan ketersediaan fasilitas kesehatan di lokasi bencana. Dan BPBD memastikan warga untuk segara di evakuasi ke tempat yang aman,” sebutnya.

Komentar

News Feed