oleh

Antisipasi Bencana di Musim Hujan, Personil Sat Brimob Polda Jabar Disiagakan

SUMEDANG – Dalam rangka mengantisipasi bencana alam dan memastikan kesiapan personel serta peralatan, Satuan Brimob Polda Jabar melaksanakan Apel Siaga Bencana, yang dipimpin langsung oleh Dansat Brimob Kombes Pol Asep Saepudin, S.I.K., di Mako Batalyon A Pelopor, Jatinangor, Sumedang, Selasa (31/12/2019).

Dansat Brimob Polda Jabar dalam arahannya menyampaikan bahwa, apel gelar pasukan dan peralatan ini dimaksudkan untuk mengecek kesiapan, baik personel maupun peralatan serta perlengkapan dalam mengantisipasi situasi kontijensi bencana alam, utamanya di Wilayah provinsi Jawa Barat.

Seusai apel, Dansat Brimob didampingi Wadansat Brimob, Kabag Ops, dan PJU Sat Brimob Polda Jabar memeriksa personel dan peralatan SAR Sat Brimob Polda Jabar. Selain itu telah disusun pula rencana kontijensi dalam penanganan bencana alam, seperti longsor dan banjir, serta kecelakaan lalu lintas.

“Kami siapkan personel untuk mengantisipasi bencana alam,” ujar Dansat Brimob.

Kombes Pol Asep Saepudin menuturkan, pada pelaksanaannya, para personel yang disiapkan sebagai tim siaga bencana ini akan bergabung dengan tim siaga bencana di masing masing Polres di wilayah hukum Polda Jabar. Mereka akan turun bersama instansi lain dalam penanganan bencana alam.

Kesiapasiagaan tim siaga bencana ini juga sebagai salah satu tim pendukung dalam melancarkan Operasi Lilin Lodaya 2019 yang digelar selama dua pekan, dimulai 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Brimob Polda Jabar juga telah menyiapkan 2 Regu Sar dengan Pembagian 1 Tim SAR di Pantai Cirebon, dan 1 Tim SAR di Pantai Pangandaran.

“Ini menjadi suatu bentuk kesiapan dan ketanggapan Polri dalam memberikan bantuan penyelamatan, pencarian, dan evakuasi korban bencana alam pada tahap darurat dan pasca bencana yang dilaksanakan dengan cepat dan tepat sasaran, efektif dan efisien,” pungkas Dansat Brimob.

Redaksi

Komentar

News Feed