oleh

Ade Yasin Resmikan Gedung dan Website Bogor Career Center

LIPUTAN12.ID|BOGOR – Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bogor terus berupaya menekan angka kemiskinan dan pengangguran dengan berbagai kebijakan dan program. Salah satu upaya yang ditempuh, ialah melalui pendekatan pembangunan yang bertumpu pada pertumbuhan ekonomi.

Hal itu disampaikan Ade Yasin saat meresmikan Gedung Bogor Career Center sekaligus peluncuran Aplikasi dan website Bogor Career Center milik Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bogor, di Gedung Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor, Kamis (26/12/2019) kemarin.

“Pemerintah Kabupaten Bogor, lanjut Ade Yasin, terus berupaya menekan angka pengangguran yang setiap tahunnya terus bertambah, salah satunya dengan membentuk Bogor Career Center yang merupakan pusat informasi pasar kerja, pusat informasi peningkatan pengembangan dan pelatihan angka kerja, pusat infornasi pemagangan angkatan kerja serta pusat data dan informasi ketenagakerjaan Kabupaten Bogor,” imbuhnya.

Politisi PPP ini juga mengatakan, tujuan didirikan Bogor Career Center adalah untuk menekan angka kemiskinan dan pengangguran. Ia juga menyampaikan, di tahun 2019 ini angka kemiskinan dan pengangguran menurun.

“Angka kemiskinan menurun dari 7,14 persen tahun 2018 menjadi 6,66 persen di tahun 2019. Dan angka pengangguran menurun dari 9,75 persen tahun 2018 menjadi 9,06 persen di tahun 2019,” papar Ade Yasin.

“Mudah mudahan dengan diresmikannya gedung Bogor Career Center dapat lebih bermanfaat bagi lapisan masyarakat Kabupaten Bogor, khususnya bagi para pencari kerja,” harap Bupati Bogor.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor, Rahmat Sujana memaparkan, lapangan kerja jangan hanya mengandalkan sektor formal tetapi juga mengandalkan sektor non formal.

“Kami bersama dinas lain akan mencetak wira usaha mandiri dan wira usaha baru agar juga tercipta lapangan kerja baru walaupun jumlahnya tidak sebanyak dunia industri,” papar Rahmat.

Tidak hanya itu saja kata Rahmat, Career Center itu juga sudah terkoneksi dengan Diskominfo, serta kecamatan yang ada di Tegar Beriman.

“Di samping itu, Bogor Career Center ini tidak hanya lowongan kerja saja, tetapi memberikan informasi tentang pelatihan kemudian tentang pemagangan,” jelasnya.

Ia juga melanjutkan agar para calon tenaga kerja siap bekerja atau berusaha, maka setiap tahun jajarannya melatih 1.000 an jiwa pencari kerja.

“Ada 1.200 jiwa pencari kerja yang kami berikan pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK), mereka kami ajarkan beberapa jenis keterampilan seperti menjahit, mengelas, servis otomotiif, servis handphone dan lainnya,” sambungnya.

Selain datang ke Gedung Bogor Career Center, para pencari kerja juga bisa mengakses informasi lapangan kerja melalui aplikasi dan website http.www.bogorcareercenter.bogorkab.go.id.

“Informasi lowongan kerja ini bisa diakses di aplikasi Bogor Career Center atau website http.www.bogorcareercenter.bogorkab.go.id. Sedangkan untuk mencetak kartu kuning atau kartu pra kerja harus datang ke Gedung Bogor Career Center,” pungkasnya.

Komentar

News Feed