Pemakzulan Presiden AS, Pengamat: Tidak Berpengaruh Bagi Indonesia

0
34

LIPUTAN12.ID|JAKARTA – Pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menilai dengan resmi dimakzulkannya Presiden Amerika Serikat Donald Trump oleh parlemen Amerika Serikat, pada Rabu malam (18/12) waktu setempat. tidak berdampak apapun bagi Indonesia.

“Pemakzulan tersebut tidak begitu berpengaruh bagi Indonesia, maupun relasi internasional dan ekonomi,” ujar Emrus Kamis (19/12/2019).

Menurutnya, Amerika telah memiliki sistem pemerintahan yang kuat dan dibangun dengan baik sehingga tidak berpengaruh terhadap relasi internasional meski presidennya dimakzulkan oleh parlemennya sendiri.

“Karena sistem di Amerika sudah terbangun (baik), sehingga baik dari segi relasi internasional maupun ekonomi tidak akan akan berpengaruh,” katanya.

Terkait perang dagang antara AS dan China yang berdampak pada stabilitas ekonomi dunia, Emrus berpandangan hal itu tak akan berdampak bagi Indonesia saat Trump dimakzulkan.

“Dengan kata lain terjadi perang dagang, saya kira ada titik temu. Relasi internasional antarnegara tidak akan berpengaruh, perang dagang itu terjadi ke depan,” ucapnya.

Seperti diketahui sebanyak 230 orang anggota dewan Amerika Serikat sepakat memakzulkan Trump, 197 orang menolak.*

Reporter: Apih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here