Sambil Nunggu Hasil Test DNA, Polres Sumenep Bakal Panggil Pihak RSUD Moh. Anwar atas Kasus Dugaan Bayi Tertukar

0
38
Kasat Reskrim Polres Sumenep, AKP Dhany Rahadian Basuki. (Dok. Kachonk/liputan12)

SUMENEP | LIPUTAN12 – Kepolisian Resort (Polres) Sumenep belum bisa melakukan proses hukum lebih lanjut sebelum hasil test DNA dari bayi yang diduga tertukar di RSUD Moh Anwar saat melakukan persalinan keluar pada 14 November 2020 tahun lalu.

Sebelumnya, bayi berjenis kelamin perempuan dari pasangan suami istri Subroto (27) dan Norma Ningsih (25) warga Desa Nyabakan Barat, Kecamatan Batang-Batang, telah dilakukan test DNA oleh tim dari Polda Jawa Timur pada tanggal 1 Desember 2020 tahun lalu.

Menyikapi hal tersebut Kasat Reskrim Polres Sumenep menyampaikan, saat ini tim medis Kepolisian masih menunggu hasil pengambilan sampel DNA dari Pusat Kedokteran Kesehatan (Pusdokkes) di Jakarta.

“Kalau nanti hasil uji tesnya keluar, tim pusat nanti memberikan ke dokter Polda (RS Bhayangkara) dan akan mengabari kepada Polres Sumenep,” terang AKP Dhany Rahadian Basuki saat dikonfirmasi awak media liputan12, Selasa (19/1/2021).

Saat ditanya soal kapan hasilnya akan keluar, Dhany tidak bisa memastikan, sebab dia mengaku bukan ahlinya di bidang lab.

“Kita tidak tau di lab lama apa tidak, kan paling cepat 1 bulan mas, kalau saya bilang paling cepat, kan saya tidak bisa menentukan paling lama, saya kan bukan ahli labnya, ahli labnya ada di Jakarta,” jelasnya.

Dhani juga tidak bisa memastikan keluarnya hasil test DNA. Maka dari itu pihaknya belum bisa menginformasikan kepada pihak keluarga. Saat ini proses nya sedang dalam pengujian loboratorium di Jakarta.

Dikonfirmasi terkait pemanggilan saksi, Dhani menjelaskan, dengan belum keluarnya hasil test DNA bayi tersebut, membuat pihak Kepolisian tidak bisa melakukan proses penyidikan dan keterangan terhadap pihak RSUD Moh. Anwar Sumenep sebagai tempat kejadian dugaan bayi tertukar (locus delicti).

“Belum, kita menunggu hasil test DNA. Kita tidak mau berspekulasi,” tukasnya.

Redaktur : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here