Miris! Tempati RTLH, Pak Daman Warga Kota Bogor Belum Tersentuh Bantuan

0
76

BOGOR | LIPUTAN12 – Kebutuhan rumah merupakan kebutuhan pokok selain pangan dan sandang. Kondisi rumah bisa menunjukkan tingkat ekonomi warga. Namun sampai saat ini masih banyak rumah yang dalam kondisi tidak layak huni, salah satunya adalah rumah milik Pak Daman, warga RT 02/RW 05 Kampung Margajaya, Kelurahan Kertamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Rumah kondisinya tidak layak huni. Jika hujan, air masuk dari berbagai penjuru mulai dari atap, dinding dan juga lantai. Apalagi jika hujan deras dengan angin hampir seluruh rumah basah. Dinding rumah saat ini terbuat dari papan tua dan anyaman bamboo (gedhek). Lantai berubah plesteran dan tanah liat.

“Sudah ada 25 tahun ini kondisinya begini, anak banyak, penghasilan tak menentu. Penghasilan sehari-hari hanya untuk makan. Rumah tak keurus seperti ini,” ucap Daman saat ditemui awak media liputan12, Senin (3/5/2021).

Daman menceritakan beberapa minggu kemarin memang sudah ada yang mengambil gambar. Katanya untuk diajukan bedah rumah atau diperbaiki. Namun sampai saat ini belum ada realisasi.

“Rumah bertambah rusak hingga sekarang. Katanya sih ada 3 kartu keluarga (kk) di satu rumah ini, jadi gak bisa direalisasikan. Mestinya harus diperbaiki pak, karena saya tak ada biayanya,” ucap Daman.

“Tolonglah pak, untuk diusulkan perbaikan rumah saya ini siapa tahu ada dana dari pemerintah dan bisa dibuat lebih bagus, sehingga jika hujan tak kehujanan lagi,” harapnya.

Selain kondisinya tak layak huni dan kamar mandi hanya berupa seng yang dibuat bilik dengan tong plastic sebagai penyimpan air. Sedangkan untuk kebutuhan buang air besar satu rumah harus ke saling gantian. Kondisi dapur juga tidak sehat karena lembab dan bercampur dengan kamar mandi.

“Ya, kami terus berharap agar ada program RTLH untuk rumah kami. Karena untuk memperbaiki saya tidak punya uang pak, penghasilan hanya habis untuk kebutuhan harian,”  ucap Daman, dengan nada lirih.

Dari pantauan awak media liputan12, di Kelurahan Kertamaya khususnya di wilayah Kampung Margajaya masih banyak rumah warga dalam kategori tidak layak huni.

Oleh karena itu diharapkan kepedulian pemerintah, khususnya pemerintah kelurahan untuk menyikapi hal ini. Setiap tahun ada gelontoran dari perbaikan rumah, diharapkan dana itu tepat sasaran seperti halnya rumah Pak Daman ini.

Reporter         : Budi
Redaktur         : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here