Menko Marves RI Minta Pemkab Bogor Bisa Lakukan 100 Ribu Vaksinasi Covid-19 Per hari dan Menambah Pusat Isoter

0
26

BOGOR | LIPUTAN12 – Bupati Bogor Ade Yasin mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kesehatan (Menkes) dalam rangka peninjauan vaksinasi massal di Stadion Pakansari, yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan langsung rumah Isolasi Terpadu (Isoter), di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Sabtu (14/8/2021).

Saat meninjau vaksinasi massal di stadion Pakansari, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, meminta agar Pemerintah Kabupaten Bogor bisa menyuntik 100.000 vaksinasi Covid-19 per hari, dan menambah Rumah Isolasi Terpadu (Isoter). Menurut Luhut, vaksinasi covid-19 sangatlah penting. Banyak orang yang terpapar covid-19 varian delta, namun tingkat kematiannya kecil karena sudah divaksinasi.

“Terpapar covid-19 varian delta yang sudah divaksinasi, tingkat kematiannya kecil. Justru kematian tinggi terjadi pada orang yang belum mendapatkan suntikan vaksinasi,” ujar Luhut.

Kemudian Menteri Luhut mengatakan bahwa program vaksinasi massal di Stadion Pakansari merupakan kerja keras Bupati Bogor Ade Yasin, yang meluncurkan program vaksinasi di Stadion Pakansari ini. Ada 12.000 hari ini atau mungkin lebih.

“Saya kira kerja keras mereka ini sudah bagus, saya tadi sampaikan kepada Bupati Ade Yasin dan Pak Menkes, karena jumlah yang akan divaksin itu 4,2 juta, dan baru tervaksin 900 ribu. Kita mau sampai nanti akhir September, kalau bisa dan harus bisa 70% sudah divaksin. Untuk itu jumlah yang divaksin secara bertahap mulai minggu depan kita harus bisa mendekati 100.000 ribu per hari, itu kerja keras dari Bu Ade dan vaksin dari Pak Menkes,” ungkap Luhut.

Dirinya juga meminta kepada Bupati Bogor Ade Yasin untuk menambah lagi rumah Isolasi Terpadu (Isoter), karena vaksin sudah dan Isoter ini sangat penting. Orang-orang yang sudah kena testing dan tracing tadi ketahuan positif, itu langsung dimasukan di rumah Isoter.

“Karena itu sangat baik dan pengalaman kita di Isolasi Terpadu (Isoter) itu pada umumnya 99,99% sembuh. Oleh karena itu Isoter di sini masih kecil, kita sudah minta sama Bu Ade supaya didorong lagi nanti bekerjasama dengan TNI dan Polres untuk bahu-membahu, kalau ini dilakukan, pasti tambah baik. Saya kira Bupati Ade sudah aktif, dan kami sudah sepakat, Bu Ade harus bisa menyuntik 100.000 per hari, kita harapkan Minggu depan sudah bisa, nanti Menkes akan memberikan vaksin,” tegasnya.

Selanjutnya Menteri Luhut juga menghimbau agar masyarakat senantiasa menggunakan masker, karena masker sudah menjadi bagian dari hidup kita untuk bertahun-tahun ke depan.

“Ini harus dilakukan, sebab kalau kita lakukan itu semua, kita akan bisa hidup bernavigasi di padang delta varian ini. Kita belum tahu berapa tahun lagi delta varian ini hadir, atau mungkin juga tidak akan habis. Oleh karena itu kita harus mencari kiat supaya bagaimana bisa hidup dalam keadaan seperti ini,” tukasnya.

Sementara, Menkes RI Budi Gunadi Sadikin menuturkan bahwa, Presiden RI telah mengarahkan kepada Menko Marves dan dirinya di akhir September harus tercapai 3 juta vaksinasi dosis pertama.

“Kalau saya lihat di angka 4,2 juta, jadi kita masih punya waktu sekitar 45 hari. Juga harus mengejar tiga juta orang yang suntik dosis pertama, sekarang baru 700 ribuan yang suntik dosis pertama. Jadi masih ada jarak yang lumayan besar, suntik pertama yang harus dikejar sampai akhir September,” ujar Menkes.

Menkes menambahkan, dirinya akan memenuhi vaksinnya bahkan sudah lapor ke Menko Marves untuk vaksin itu akan datang sekitar di minggu ke 3 dan 4. Ia meminta untuk disiplin, agar bisa mencapai target. Kuncinya adalah kerjasama yang baik antara Dandim, Kapolres, dan Pemerintah, karena vaksinnya lewat tiga jalur itu supaya targetnya sama antara suntik pertama dan kedua dan bisa berkoordinasi berkaitan dengan penggunaan tenaga kesehatannya.

“Jadi kalau bisa kerjasama, saya tahu reputasinya Bu Ade semua tentara dan Polri itu bisa nurut sama bu Ade. Saya yakin kalau itu bisa dikejar targetnya Presiden RI, 3 juta dosis pertama di akhir September akan tercapai,” tutupnya. ***

Redaktur    : Lekat Azadi
Copyright ©2021 liputan12.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here