KPU Sumenep Usulkan TPS Khusus di Ponpes, Lapas dan Rutan pada Pemilu 2024

0
17
Foto ; Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumebep

LIPUTAN12 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bakal menyiapkan tempat pemungutan suara (TPS) khusus pada Pemilu 2024 mendatang di Pondok Pesantren dan Rumah Tahanan (Rutan) atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Disediakannya TPS khusus guna memberi akses bagi pemilih untuk menggunakan hak politiknya karena tidak bisa memilih di daerah asal pada saat hari H pemungutan dan penghitungan suara nanti.

“Kami mengusulkan 75 TPS Khusus ke KPU RI Untuk TPS khusus, hal ini sudah kami sosialisasikan kepada semua pihak baik pengasuh, pengurus maupun pengelola Pondok Pesantren, termasuk pihak terkait seperti di Lapas atau Rutan,” kata Komisioner KPU Sumenep Syaifurrahman saat dikonfirmasi media. Minggu, 22 Januari 2023.

Sementara kebutuhan TPS kata dia pada Pemilu 2024 dipastikan bertambah. Sesuai usulan di Kabupaten Sumenep sebanyak 4.258 TPS. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan jumlah TPS pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 lalu, yakni hanya 2.500 TPS.

Saat ini kata Alumni Pondok Pesantren Annuqoyah ini menuturkan, KPU Sumenep mulai melakukan pemetaan dalam rangka penyusunan rencana TPS di tiap Desa pada Pemilu 2024.

“Hasilnya ada 4.258 TPS yang dibutuhkan,” jelas pria yang juga menjabat Devisi Perencanaan dan Data itu.

Pihaknya menjelaskan, KPU Kabupaten Sumenep diminta untuk mengunduh hasil singkronisasi data yang dilakukan KPU RI melalui sistim informasi data pemilih (sidalih).

Data tersebut berasal dari Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Kementrian Dalam Negeri dengan Data Pemilih Tetap (DPT) Pemilu terakhir yang dimutakhirnya.

Syaifurrahman menegaskan, ada beberapa hal yang menjadi acuan untuk penentuan jumlah TPS.

Sementara, Data Pemilih hasil singkronisasi di Sumenep sebanyak 896.346 bertambah dari Pemilu sebelumnya sejumlah 822.320 bertambah.

“Kemudian data tersebut dilakukan pemetaan TPS dengan jumlah pemilih maksimal 300 orang di tiap TPS,” jelasnya.

“Pemetaan TPS nantinya juga untuk menentukan hal lain seperti logistik pada saat pemilu nanti,” tukasnya.

Sesuai tahapan, Pemilu 2024 akan digelar pada 14 Februari 2024. Pemilu kali ini dilaksanakan serentak. Pemilih akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, dan DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten/Kota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here