Capai Angka 175. 532 Ribu, Danrem 061/SK Ajak Masyarakat Sukseskan Program Vaksinasi Nasional

0
35

BOGOR | LIPUTAN12 – Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi, pada hari ini Senin (2/7/2021) kunjungi Vihara Dhanagun, Mako Yonif 315/Garuda serta SDN Bojongkerta Rancamaya untuk memantau pelaksanaan kegiatan serbuan vaksinasi gelaran Korem 061/SK.

Di kesempatan tersebut, Brigjen TNI Achmad Fauzi menyampaikan bahwa kegiatan serbuan vaksinasi diselenggarakan TNI Angkatan Darat dalam hal ini Korem 061/SK bersama para relawan, instansi pemerintah termasuk forum antar umat beragama.

Menurut Danrem, vaksinasi covid-19 adalah pemberian vaksin yang dapat merangsang pembentukan imunitas sistem imun di dalam tubuh. Vaksinasi yaitu salah satu upaya pencegahan untuk penyakit yang diakibatkan oleh Coronavirus Desease 2019 atau Covid-19. Tentunya dengan prosedur vaksinasi yang benar.

“Vaksinasi ini gratis dan diberikan untuk seluruh warga masyarakat. Vaksin ini untuk meningkatkan imunitas tubuh seseorang agar tidak mudah terpapar ataupun tertular covid-19,” jelas Achmad Fauzi.

Danrem menjelaskan, di Bogor, 100 orang yang meninggal saat menjalani Isolasi Mandiri akibat Covid-19, 93 persennya dipastikan belum divaksin, sedangkan sisanya kebanyakan memiliki riwayat Komorbid.

“Jadi, intinya vaksin ini sangat membantu untuk meningkatkan imunitas, mencegah penularan covid-19 dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh. Untuk itu diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, yaitu vaksinasi,” kata Danrem.

“Intinya vaksinasi covid-19 ini untuk memutus penyebaran atau penularan penyakit yang disebabkan oleh wabah covid-19. Vaksin ini tentunya sangat bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh, dengan pemberian vaksin covid-19 ini juga untuk membentuk kekebalan kelompok (herd imunity),” tambahnya.

Lebih lanjut Danrem mengatakan, Korem 061/Suryakencana telah melaksanakan pelayanan vaksinasi yang pelayanannya dilakukan oleh para dokter dan tenaga kesehatan lainnya yang memiliki kompetensi serta dibantu oleh para relawan.

“Sedangkan pelaksanaannya, kami telah menyediakan tempat pelayanannya di 5 wilayah jajaran Korem 061/SK, yang tentunya penempatan pelayanan tersebut selain dilaksanakan di Kodim-Kodim atau klinik dan Rumah Sakit, juga dilaksanakan di beberapa titik, misalnya di sekolah, perusahaan, dan lain sebagainya,” sebutnya.

Masih kata Danrem, ini adalah salah satu bentuk kepedulian kami kepada warga masyarakat di wilayah Korem 061/SK, untuk itu kami berharap pelayanan vaksinasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Mari kita berpartisipasi dukung pemerintah dalam program vaksinasi nasional ini untuk melindungi anda dan keluarga dari covid-19,” pintanya.

“Dan jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M, di antaranya menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mencuci tangan dan mengurangi mobilitas, hal ini untuk kebaikan kita bersama,” tandas Danrem.

Untuk diketahui dalam gelaran serbuan vaksinasi Korem 061/SK hari ini, secara keseluruhan telah mencapai angka 175.532, yaitu dari hasil vaksinasi sampai dengan kemarin sejumlah 167.858 ditambah pencapaian vaksinasi hari ini sejumlah 7.674.

Redaktur     : Lekat Azadi
Copyright ©2021 liputan12.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here