Antisipasi Libur Nataru, Polres Bogor Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Puncak

0
65

FOTO: Kapolres Bogor AKPB Muhamad Joni, S.I.K, M.Si., dan Kasat Lantas AKP Fadly Amri, S.I.K., M.Hum.

LIPUTAN12.ID|BOGOR – Apel gelar pasukan Operasi Lilin Lodaya 2019 yang dilakukan serentak oleh jajaran Kepolisian Republik Indonesia pada tanggal 20 Desember lalu, memberikan kesigapan Kepolisian Resor Bogor (Polres Bogor) dalam menyikapinya agar tidak terjadi kemacetan khususnya di jalur puncak.

Kawasan puncak yang terkenal dengan keindahan panorama alam serta wisatanya selalu menarik perhatian bagi para wisatawan untuk selalu berdatangan dan memadati jalur-jalur menuju tempat wisata di kawasan Puncak Kabupaten Bogor.

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor melakukan rekayasa arus lalu lintas di jalur puncak dengan melakukan proses satu arah atau yang biasa dikenal dengan istilah One Way, mulai hari Sabtu (21/12) kemarin, hingga hari Minggu (22/12). Proses One Way kali ini sangat terjadwal, sehingga para wisatawan yang akan berkunjung ke Kawasan Puncak Kabupaten Bogor dapat mengetahui tentang waktu pelaksanaanya.

“Pemberlakuan sistem One Way yang mengarah ke kawasan Puncak, dimulai sejak pukul 07.30 s.d 12.30 WIB. Sedangkan sistem One Way yang mengarah ke Jakarta, dimulai pukul 13.00 s.d 20.00 WIB.,” demikian dikatakan Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadly Amri, S.I.K., M.Hum., Minggu (22/12).

Kemudahan monitoring jadwal one way ini pun dapat dimonitor melalui Instagram @tmcpolresbogor dan instagram @polresbogor.

Kapolres Bogor Polda Jabar AKBP Muhamad Joni, S.I.K., M.Si dalam keterangannya mengatakan bahwa, rekayasa arus lalu lintas yang dilakukan oleh Sat Lantas merupakan rekayasa arus lalu lintas yang rutin dilakukan.

“Hanya saja dalam pelaksanaannya kali ini lebih awal dan lebih terjadwal daripada kegiatan proses one way seperti biasanya,” ujar AKBP M. Joni, Minggu (22/12).

Ia juga mengatakan, walaupun Korlantas telah mendahului pelaksanaan Operasi Lilin yang seharusnya serentak dilakukan pada tanggal 23 Desember tahun 2019. Namun, karena berdasarkan kajian dan analisa bahwa akan terjadi kepadatan arus liburan pada tanggal 21 Desember 2019, maka Korlantas melakukan kegiatan Operasi Lilin di tanggal 21 Desember 2019.

“Operasi lilin dilakukan dengan sistem One way yang dimulai dari KM 71 Tol Cikampek Utama s.d KM 414 Tol Kalikangkung, sehingga tidak akan berdampak pada kepadatan arus kendaraan di jalur puncak,” kata AKBP Joni.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa pada tanggal 31 Desember tahun 2019, Polres Bogor juga akan melakukan kegiatan Car Free Night yang dimulai pukul 18.00 s.d pukul 06.00 WIB.

“Hal itu dilakukan untuk antisipasi kepadatan arus kendaraan menuju kawasan puncak. Untuk itu diharapkan kepada seluruh warga masyarakat yang akan menuju ke Puncak sudah mempersiapkan dan datang lebih awal di Puncak,” kata Kapolres Bogor.

Sebanyak 15 Pospam dan 1 Pos Pelayanan tersebar di wilayah hukum Polres Bogor, dengan melibatkan 1.361 personil gabungan yang terdiri dari unsur TNI, Pramuka, Orari, BPBD, Dishub dan unsur pendukung lainnya. Sehingga diharapkan kegiatan peringatan Natal 2019 dan libur Tahun baru (Nataru) 2020 akan berlangsung aman serta kondusif.

Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here