Alfamart Cijayanti Nekat Langgar PPKM Meski Sudah Diterapkan Batas Waktu Operasional

0
78

BOGOR | LIPUTAN12 – Meski Pemerintah Kabupaten Bogor sudah menerapkan jam malam dengan membatasi jam operasional tempat usaha hingga pukul 19.00 WIB, namun masih banyak ditemukan pelanggaran bagi pengusaha minimarket.

Terpantau minimarket jenis Alfamart di Jalan Raya Cijayanti Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang, diduga melanggar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada jam malam tersebut yang beroperasi melewati batas ketentuan.

Jenal Arifin kepala Toko Alfamart Cijayanti mengatakan jika lewatnya batas jam malam, beralasan adanya keinginan dari para pembeli.

“Kita sudah tau pak batasannya sampai jam 19.00 malam, tapi kadang pembeli pada marah-marah kenapa tutupnya cepet,” kilahnya saat ditemui wartawan, Jumat malam (15/01/2021), sekira pukul 20.00 WIB.

Menanggapi hal ini, PJ Kepala Desa Cijayanti, Wahyudin langsung berkoordinasi dengan Satpol PP kecamatan untuk segera dilakukan penindakan.

“Sudah dikoordinasikan dengan Satpol PP desa maupun kecamatan untuk ditertibkan,” tuturnya.

Sementara itu, Binwil Desa Cijayanti pada Satpol PP kecamatan Babakan Madang, Anggi dan Fadly langsung mendatangi minimarket tersebut guna dilakukan teguran.

“Saat ini baru ditegur secara lisan. Jika membandel lagi maka dilakukan teguran tertulis hingga penyegelan yang kemudian dikoordinasikan dengan PPNS Satpol PP Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Untuk diketahui, peraturan tersebut seiring dengan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sesuai intruksi Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pembatasan kegiatan akan kembali dilakukan pada tanggal 11 hingga 25 Januari 2021 di wilayah Jawa dan Bali.

Pembatasan dilakukan di wilayah-wilayah yang memenuhi kriteria yang ditetapkan pemerintah dan pemberlakuan jam malam sesuai dengan keputusan gubernur jabar No.443/14/kpts/Per-UU/2021.

Kabupaten Bogor, PPKM diberlakukan dengan payung hukum Keputusan Bupati (Kepbup) Nomor : 443/14/Kpts/Per-UU/2021, tentang Perpanjangan Kedelapan Pemberlakuan PSBB melalui PPKM.

Dalam PPKM ini, Pemkab Bogor menerapkan pembatasan mulai dari kerja perkantoran dengan menetapkan Work From Home (WFH) sebesar 75 persen.

Begitu juga dengan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang masih diberlakukan secara daring atau online.

Selain itu, Pemkab Bogor juga membatasi jam operasional mall dan minimarket dengan maksimal pelayanan sampai pukul 19.00 WIB.

Reporter : bucek/tim red
Redaktur : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here