Warga Desa Leuweungkolot Sambut Gembira Program Infrastruktur dari Dana Desa Ajuan 2019 Akhirnya Terealiasi di 2021

0
32

BOGOR | LIPUTAN12 – Pembangunan infrastruktur atau jalan desa yang bersumber dari dana desa mengurangi dampak sosial dan ekonomi masyarakat serta terhambatnya pembangunan desa akibat pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) di Desa Leuweungkolot kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor telah berhasil dilaksanakan.

Pembangunan yang dimulai pada Minggu 30 Agustus hingga Senin 6 September 2021, dilaksanakan di 5 titik di 5 RW wilayah Desa Leuweungkolot dengan anggaran Dana Desa (DD) tahap II tahun 2021 walaupun pengajuan sejak 2019, masuk program tahun 2020 lalu karena Covid-19.

“Memang ini yang ditunggu oleh masyarakat karena pengajuan dari 2019 untuk pembangunan tahun 2020, alhamdulillah dikerjakan di tahun ini. Warga pun antusias swadaya dengan melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan terutama jalan jalan yang akan dibangun, selain itu juga menyajikan minuman kopi dan makanan ringan buat pekerja,” ujar Elly Sunarya selaku ketua TPK saat ditemui awak media.

Ia menambahkan, beberapa jalan yang kondisinya memprihatinkan atau rusak parah serta sering terjadi kecelakaan motor, seperti di kampung Cipakel RT 1 dan 5 RW 04 serta di kampung Kabandungan RT O5, jalan rusak dan licin karena situasi curam.

“Alhamdulillah kegiatan murni pengajuan warga dan dilaksanakan secara swadaya sesuai Perbup no. 39 tahun 2015, juga hampir 100% oleh warga desa Leuweungkolot,” kata Elly.

“Pak Agus Plt Camat Cibungbulang dan Pak Bambang selaku pendamping Desa juga melihat langsung ke lokasi,” imbuhnya.

Total jalan yang dikerjakan saat ini di 5 wilayah desa dengan volume 1.235 meter dengan lebar dari 1 hingga 2,5 meter menyesuaikan jalan lingkungan.

Sementara itu ketua LPM H. Unang Suryaman mengatakan dengan program dana desa (DD) dengan antusias warga, sinergitas aparatur desa, BPD, Linmas, TPK, Kadus, RW, RT, Karang Taruna, tokoh masyarakat setempat kali ini demikian kompak.

“Ya Alhamdulillah pengerjaan sudah selesai dengan baik, intinya masyarakat sangat bersyukur dan berterima kasih karena aspirasinya didengar dan ditindaklanjuti, dalam pembangunan ini, karena pembangunan ini mulai usulan dari tahun 2019 melalui Muswil, Musdus, Musrenbangdes dan Musrenbangcam,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Leuweungkolot Suwardi mengapresiasi warganya dan aparatur yang telah kompak menjalankan program dana desa. Namun ia menyayangkan adanya oknum yang memberikan informasi miring, kabar tidak sedap atau tidak senang dengan pembangunan di desanya.

“Terimakasih apresiasi kepada seluruh masyarakat dan aparatur pemerintah, serta menghimbau jangan terpancing dan terprovokasi dengan adanya berita atau informasi yang tidak benar tanpa konfirmasi, program ini berjalan sesuai harapan masyarakat sejak lama,” kata Kepala Desa. ***

Redaktur    : Lekat Azadi
Copyright ©2021 liputan12.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here