Timbulkan Bau Tak Sedap, Ternak Sapi di Desa Sumurbatu Dikeluhkan Warga

0
34

BOGOR | LIPUTAN12 – Warga Desa Sumurbatu Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor mengeluh akibat bau tidak sedap yang bersumber dari kotoran sapi di lokasi peternakan milik PT. Sinar Katel Perkasa yang tak jauh dari kantor desa setempat.

Berdasarkan pantauan di lapangan, area ternak sapi tersebut lokasinya tidak jauh dari pemukiman warga, bahkan dekat dengan kantor Desa setempat, sehingga menimbulkan dampak bau dari kotoran sapi tersebut.

Menurut salah satu warga yang enggan disebutkan namanya mengatakan, sejak adanya ternak sapi di wilayahnya, warga mulai resah karena kotoran sapi tersebut baunya sangat menyengat.

“Bau limbah kotorannya sangat menyengat, pokoknya sangat menganggu kalau melintas,” katanya kepada wartawan, Kamis (22/04/2021).

Dikatakannya bahwa limbah tersebut juga dikeluhkan ketika warga hendak ke Kantor Desa setempat dengan bau yang menyengat dan didinilai menganggu.

“Ini harus ditindak,” ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Eka selaku pihak pengelola mengatakan jika komplain yang dialami warga, pihaknya sangat terbuka.

“Terkait komplain, kami terbuka bagi warga yang benar merasakan dampak bau. Karena biasanya dari sebelumnya, pak RT juga ketika ada komplain selalu datang ke kantor kami,” jelasnya.

Eka mengaku jika terkait bau kotoran sapi tersebut tidak setiap hari, karena pihaknya rutin melakukan penyemprotan maupun penggunaan obat guna meminimalisir bau dari limbah kotoran sapi.

“Mungkin komplain baunya terasa pas ada angin gede, kalau angin kecil biasanya tidak terasa baunya,” tutupnya.

Reporter      : Amsar
Redaktur      : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here