Bupati Sumenep Lantik 226 Kades Terpilih di Pilkades Serentak 2019

0
54

SUMENEP – 226 Kepala Desa (Kades) Terpilih pada Pilkades serentak 2019, yang tersebar di seluruh kecamatan, baik daratan maupun kepulauan, yang ada di Kota Sumekar, hari ini diambil sumpah janji untuk membaktikan dirinya kepada desanya masing masing, di Pendopo Agung Sumenep, Senin (30/12/2019) pukul 09.30 WIB.

Dalam proses pelantikan serentak ini, satu persatu kepala desa terpilih dilantik langsung oleh Bupati Sumenep A Busyro Karim, didampingi oleh Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Kapolres Sumenep, AKBP Deddy Supriyadi, Kepala Pengadilan Negeri Sumenep Kelas II Ahmad Bukhari, Kepala Kejaksaan Negeri Sumenep Djamaluddin, Dandim 0827 Letkol Inf Ato Sudiatna, Sekda Edy Rasiyadi, Kepala DPMD Moh Ramli, dan perwakilan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Faisal.

Bupati Sumenep, DR. KH. A. Busyro Karim, M.Si. usai melantik dan mengambil sumpah Kepala desa langsung memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, Bupati menekankan, bagi mereka yang terpilih sebagai Kepala Desa hendaknya tidak mengecewakan kepercayaan masyarakat yang telah memberikan hak suaranya.

Dengan kepercayaan masyarakat itu, Kepala Desa terpilih memikul beban dan tanggung jawab yang sangat berat, karena masyarakat pemilih menggantungkan harapannya, agar ada perubahan terhadap roda pemerintahan Desa yang akhirnya berdampak kepada kesejahteraan masyarakat di Desa itu sendiri.

“Selain itu Kepala Desa sebagai ujung tombak di tingkat bawah harus memahami dan mentaati peraturan pemerintah, terutama peraturan daerah (Perda) tentang Pemerintahan Desa, karena apabila Kepala Desa tidak memahami dan mentaati peraturan tersebut, biasanya akan mengambil keputusan dan tindakan sendiri, sehingga keputusannya itu berakibat fatal dan menyulitkan semua pihak termasuk Pemerintah Daerah”, jelas Bupati Busyro dalam uraiannya.

Di akhir sambutan, Bupati berpesan kepada ratusan kepala desa yang dilantik hari ini, “Sebagai pimpinan harus memiliki sebuah kecerdasan dan ide-ide brilian dalam menjalankan tugas sebagai Kades, pasalnya mulai detik ini kemajuan daerahnya berada diatas pundaknya,” tegasnya.

Kepala DPMD Kabupaten Sumenep, Moh. Ramli dalam laporannya menyampaikan bahwa ratusan Kepala Desa yang terpilih dari proses pemilihan kemarin seluruhnya mengikuti prosesi pelantikan.

“Sebanyak 226 Kepala desa yang dilantik hari ini, seluruhnya menghadiri kegiatan pelantikan,” tutup mantan kepala dinas sosial kabupaten Sumenep ini.

Reporter: Imam Kachonk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here