Sukses! Pemkab Bogor Kembali Raih Predikat Opini WTP dari BPK RI 6 Kali Berturut-turut

0
88
Bupati Bogor, Ade Yasin (kanan) didampingi Wakil Ketua DPRD, Wawan Hikal Kurdi (dua dari kiri) saat menerima Penghargaan predikat opini WTP di gedung BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Bandung, Jumat (21/5/2021).

BANDUNG | LIPUTAN12 – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali meraih penghargaan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2020.

Dengan kembali diraihnya Predikat opini WTP tahun ini, makan Kabupaten Bogor sudah enam kali berturut-turut memperoleh penghargaan tersebut sejak tahun 2015 hingga 2020.

Penyerahan penghargaan predikat opini WTP diberikan langsung oleh Kepala BPK RI perwakilan provinsi Jawa Barat, Agus Khatib kepada Bupati Bogor, Ade Yasin yang didampingi Wakil Ketua DPRD, Wawan Hikal Kurdi, di Gedung BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Bandung, Jumat (21/5/2021).

Ketua BPK RI Perwakilan Jawa Barat, Agus Khotib menuturkan, hari ini BPK RI memberikan opini WTP kepada Pemerintah Kabupaten Bogor atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2020.

“Diraihnya Opini WTP oleh kabupaten dan kota merupakan wujud kerja keras yang dibangun seluruh jajaran pemerintah daerah yang telah menyajikan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel,” ujar Agus Khotib.

Pemberian opini WTP kepada kabupaten dan kota, lanjut Agus, didasarkan atas kriteria tertentu, sehingga BPK RI patut memberikan apresiasi yang tinggi atas prestasi yang telah diraihnya.

Ia menjelaskan, opini WTP ini bukan tujuan akhir, tujuan akhirnya adalah bagaimana mewujudkan pengelolaan keuangan yang akuntabel.

“Semua catatan yang telah direkomendasikan BPK RI agar segera ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Agus.

Sementara, Bupati Bogor Ade Yasin saat penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas LKPD tahun 2020 mengatakan, di tengah tugas yang cukup melelahkan dalam mengatasi pandemi Covid-19, menjaga masyarakat tetap sehat dan memulihkan ekonomi, kami mendapat hadiah yang sangat berharga yakni meraih predikat opini WTP keenam secara berturut-turut atas LKPD tahun anggaran 2020.

Ia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerjasama yang baik antara DPRD dan Pemkab Bogor serta dukungan masyarakat Kabupaten Bogor.

“Keberhasilan ini merupakan keberhasilan bersama. Ini adalah hasil kerja keras pihak legislatif, eksekutif dan seluruh stakeholder yang didukung oleh masyarakat, sehingga Kabupaten Bogor dapat meraih opini WTP enam kali berturut-turut,” kata Ade Yasin.

Pemkab Bogor, lanjut Ade Yasin, telah berusaha semaksimal mungkin untuk menyajikan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel sesuai Peraturan Pemerintah nomor 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

“Kami bertekad akan terus mempertahankan predikat WTP ini, serta meningkatkan upaya pengelolaan keuangan daerah yang semakin baik dan berkualitas,” ungkap Ade Yasin.

“Namun tentunya masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu disempurnakan dan juga masih terdapat temuan-temuan yang harus kami tindak lanjuti demi perbaikan di masa depan,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Wawan Hikal Kurdi mengucapkan syukur Alhamdulillah Kabupaten Bogor kembali mendapatkan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Tahun 2020.

“Ini merupakan suatu kebahagiaan yang tak terhingga bagi kami semua menerima kabar gembira di tengah-tengah pandemi yang hingga kini belum berakhir,” ujar Wawan Hikal.

Menurut Politisi Partai Golkar ini, diraihnya kembali predikat WTP berkat kolaborasi yang baik anatara DPRD dan Pemerintah Kabupaten Bogor serta partisipasi aktif masyarakat.

“Predikat opini WTP ini menjadi sumber semangat untuk terus mengembangkan kualitas perencanaan dan pelaksanaan APBD secara maksimal di tahun-tahun yang akan datang,” kata Wawan.

Redaktur     : Lekat Azadi
Copyright© 2021 liputan12.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here