Sekda Kabupaten Sumenep Minta Anggota PPK Pemilu 2024 Bekerja Profesional

0
26
Sekda Kabupaten Sumenep Edy Rasiyadi saat menghadiri acara pelantikan anggota PPK Pemilu 2024, di Bupati Hall, Rabu, 4 Januari 2023. Dok. Foto: Imam Kachonk/Liputan12

SUMENEP | LIPUTAN12 – Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Edy Rasyiadi meminta dalam melaksanakan tugasnya, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang baru saja dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) diharapkan senantiasa berpegang teguh pada prinsip dan azas yang sudah ditetapkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dikatakannya, pada tahun 2024 mendatang merupakan tahun politik besar-besaran, karena diadakannya pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daeran (Pilkada) secara serentak.

Pemilu serentak yang digelar 14 Februari 2024 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi dan kabupaten atau kota.

“Untuk itu para anggota PPK dalam mengemban amanah agar pelaksanaan Pemilu itu berjalan baik dan benar sesuai dengan harapan bersama, sehingga harus mandiri, jujur, terbuka, proporsional dan profesional,” demikian disampaikan Edy Rasyiadi saat menghadiri pelantikan PPK di Bupati Hall Desa Pangarangan Kecamatan Kota Sumenep, Rabu, 4 Januari 2023.

Sementara pemilihan kepala daerah (Pilkada) akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota di seluruh Indonesia.

“Pemilu ini adalah pertama terbesar di Indonesia, karena sebelumnya, Pemilu dan Pilkada belum pernah dilaksanakan pada tahun yang sama. Jadi para penyelenggara termasuk PPK mempunyai beban kerja yang jauh lebih berat dibanding Pemilu dan Pilkada sebelumnya,” paparnya.

Ia berharap, PPK harus meningkatkan koordinasi dengan semua pihak terkait di tingkat kecamatan guna keberhasilan pelaksanaan tugas-tugas, karena dalam mengemban amanah tidak memiliki kepentingan apapun, namun hanya kepentingan dalam menyukseskan Pemilu 2024.

“Para anggota PPK agar memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif mengikuti semua tahapan pemilihan umum ini,” tandasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya KPU Kabupaten Sumenep telah resmi melantik 135 anggota PPK untuk persiapan Pemilu 2024 mendatang.

Di mana dalam pelantikan, 135 Orang PPK yang tersebar di 27 Kecamatan se-Kabupaten Sumenep diambil sumpahnya dipimpin langsung oleh ketua KPU Sumenep Rahbini.

Selain dilaksanakan secara langsung, prosesi pelantikan PKK juga dilakukan secara daring untuk PPK daerah kepulauan. Seperti PPK Sapeken, Kangayan, Arjasa, Raas, Gayam dan Nonggunong.

Hal itu disebabkan karena cuaca buruk beberapa hari terakhir yang tidak memungkinkan kapal berlayar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here