Santuni 50 Anak Yatim, Cara DPC Peradi RBA Madura Raya dan DPD LSM GMAS Sumenep Berbagi Kebahagiaan

0
35

SUMENEP | LIPUTAN12 – Menjelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, sedikitnya 50 orang anak Yatim Piatu dari berbagai tempat di Kabupaten Sumenep mendapat santunan dari Dewan Pengurus Cabang (DPC) Peradi RBA Madura Raya yang bekerjasama dengan DPD LSM GMAS Kabupaten Sumenep.

“Kegiatan ini agenda tahunan yang rutin dilaksanakan tiap bulan suci ramadhan untuk memberikan santunan dan berbagi kebahagiaan dengan anak yatim,” kata Ketua DPC Peradi RBA Madura Raya, Syafrawi, S.H., saat memberikan sambutan pada acara santunan.

Kegiatan ini berlangsung pada Senin (3/5/2021), di Kantor Sekretariat DPC Peradi RBA Madura Raya dan DPD LSM GMAS, di Jl. Arya Wiraraja No.17, Desa Gung Gung Kecamatan Kota Sumenep.

Di kesempatan itu juga, Syafrawi menuturkan bahwa kegiatan santunan ini rutin digelar setiap bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama dan dukungan semua pengurus DPC Peradi dan juga Pengurus DPD LSM GMAS Kabupaten Sumenep dan juga berbagai pihak.

“Pada kesempatan kali ini, kami memberikan santunan kepada adik-adik yatim. Mudah-mudahan mendapatkan barokah dan memperoleh kebaikan, baik yang memberi maupun yang menerima,” ucapnya.

Syafrawi menuturkan hahwa ada kesan ekslusif yang terbentuk di masyarakat soal profesi advokat. Untuk itu dirinya ingin membuktikan bahwa pandangan itu kurang pas.

“Melalui kegiatan ini kami ingin menunjukkan dan membuktikan bahwa DPC Peradi Madura Raya juga peduli dengan kaum dhuafa, dengan anak yatim piatu. Sebab kami mengakui bahwa derajat manusia itu sesungguhnya adalah sama,” tuturnya.

“Advokat itu juga manusia biasa yang mempunyai hati nurani dan ingin berbagi kebahagiaan bersama dengan masyarakat miskin khususnya. Kami juga mendoakan supaya anak yatim ini menjadi anak bangsa yang nantinya berguna bagi bangsa dan negara,” tambahnya.

Syafrawi berharap, santunan yang diberikan kepada anak yatim ini semoga bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka, khususnya selama bulan ramadhan. Meski tidak semuanya bisa memenuhi biaya hidup mereka, pihaknya mengaku ingin berbagi kebahagiaan dengan mereka.

Ketua Organisasi Advokat yang lagi naik daun di kalangan Madura khususnya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengisi bulan suci ramadhan dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Selain meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kepada Allah SWT, pihaknya mengajak masyarakat untuk mengisi bulan yang penuh berkah ini dengan kegiatan-kegiatan yang membawa manfaat.

“Insya Allah melalui perantara doa anak yatim dan bulan ramadhan, saya berharap organisasi advokat DPC Peradi RBA Madura Raya dan organisasi LSM GMAS Sumenep ke depan makin lebih baik dan barokah,” tandasnya

Sementara itu, Ketua DPD LSM GMAS Kabupaten Sumenep, Agus Hariyanto, ST menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia menyebut kegiatan DPD LSM GMAS ini selaras dan akan selalu bergandeng tangan atau dengam kata lain akan selalu bersama dengan organisasi advokat khususnya pengurung DPC Peradi RBA Madura Raya.

“Terima kasih banyak kepada teman-teman LSM GMAS dan teman-teman pengurus DPC Peradi RBA Madura Raya karena sudah ikut andil membantu kegiatan ini. Sebab, ini akan menjadi agenda kegiatan rutin menyantuni anak yatim di setiap bulan suci Ramadhan,” kata Agus Hariyanto.

Agus menyampaikan, semua anggota dan semua pihak untuk bisa memanfaatkan momentum bulan suci ramadhan ini untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Baik ibadah puasa maupun ibadah sunah lainnya seperti tarawih, membaca Alquran, memperbanyak solat sunah lainnya dan berdzikir sesuai kemampuannya.

“Di bulan suci Ramadhan ini mari kita gunakan dengan semaksimal mungkin karena sebentar lagi kita insya allah akan sudah berpisah dengan bulan yang penuh ampunan ini,” ujar Agus.

Agus berharap tahun berikutnya bisa dilakukan kembali kegiatan ini di bulan penuh ampunan. Santunan ini dinilai sangat efektif untuk membantu mengurangi beban mereka, utamanya saat masa Pandemi seperti sekarang ini.

”Program seperti ini menjadi agenda rutinitas tahunan kita, dan dilakukan setiap tahun atau setiap bulan suci Ramadhan. Semoga santunan untuk anak yatim ini bisa sedikit membantu dalam memenuhi kebutuhan di Hari Raya Nanti,” tukasnya.

Redaktur      : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here