Resmikan Ruang PCR RSUD Dr. Moh. Anwar, Bupati Sumenep: Saatnya Fokus Cegah Penyebaran Covid-19

0
44

SUMENEP | LIPUTAN12 – Bupati Sumenep, A. Buya Busyiro Karim meresmikan Ruang Hemodialisa dan Laboratorium Biomolekuler (PCR) di Rumah Sakit Umum Daerah (DSUD) Dr. Moh. Anwar, Sumenep, Provinsi Jawa Timur.

Pembukaan dihadiri Bupati Sumenep terpilih, yakni Achmad Fauzi, S.H., M.H., beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sumenep, dan keluarga besar RSUD Dr. Moh Anwar, beserta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Sumenep mengatakan, dengan pemanfaatan alat PCR dimaksud maka akan mempercepat dalam mengetahui sample setiap pasien berkaitan dengan virus corona.

“Jadi ini bisa jauh lebih cepat. Kita selama ini jika tes swab dilakukan sini nanti masih harus dikirim ke Surabaya. Kalau sekarang bisa langsung di sini, 5 jam sudah diketahui hasilnya,” ucap Busyro Karim, Senin (1/2/2021).

Ditambahkannya, sekarang langkah yang akan dilakukan Pemerintah Daerah ialah fokus dalam pencegahan penyebaran virus corona. Karena sarana pendukung sudah lengkap dan dapat dimanfaatkan.

“Sekarang bagaimana pencegahan penularan virus corona itu bisa lebih dimaksimalkan. Kita perlu dukungan semua pihak,” imbuhnya.

Acara yang dilangsungkan dengan pembukaan sekaligus penandatanganan prasasti tersebut berlangsung terbatas di Aula RSUD Dr. Moh. Anwar, mengingat acara dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Ruang Hemodialisa dan Laboratorium Biomolekuler, resmi saya nyatakan dibuka,” ucap Busyro Karim.

Sementara Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Erliyati menerangkan, selain alat PCR sudah bisa digunakan, untuk sumber daya manusia sebagai pendukung juga sudah lengkap.

“Ada dua dokter spesialis, relawan lima orang dan juga ditambah dari karyawan tetap. Semoga dengan ini kita dapat memberikan pelayanan lebih maksimal,” kata dr. Erliyati.

Erliyati berharap kepada semua pihak agar RSUD Moh. Anwar Sumenep mampu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“Kami seluruh civitas RSUD Moh. Anwar mohon masukan, arahan dan petunjuk kepada bapak Bupati Sumenep agar RSUD Moh. Anwar menjadi pelayan yang prima kepada pasien yang dirawat di sini. Bagi kami RSUD bukan milik kami tapi milik kita semua,” tukasnya.

Untuk diketahui, alat PCR dimaksud merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada September 2020 lalu. Pemerintah Daerah yang menyiapkan semua sarana prasarana pendukung saat ini sudah rampung dan bisa dimanfaatkan.

Redaktur : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here