Pimpin Sertijab Kasat Reskrim, Kapolres Sampang Sampaikan Ini

0
33

SAMPANG | LIPUTAN12 – Polres Sampang Polda Jatim melaksanakan upacara Serah terima jabatan (Sertijab) Kepala satuan Reserse Kriminal (Kasat Feskrim) dari pejabat lama AKP Riki Donaire Piliang, A.Md, S.I.K., kepada pejabat baru AKP Sudaryanto, S.H., M.H., di lapangan Mapolres Sampang, Rabu (10/3/2021).

Upacara Sertijab dipimpin langsung Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz, S.I.K., M.Si diikuti Wakapolres Sampang Kompol Rizky Tri Putra, PJU Polres Sampang, Kapolsek jajaran dan seluruh anggota Polres serta para Kanit Reskrim Polsek jajaran Polres Sampang.

Dengan disaksikan seluruh peserta upacara, AKP Sudaryanto dan AKP Riki Donaire Piliang langsung melaksanakan penandatanganan berita acara Sertijab, sekaligus menandatangani berita acara pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan Pakta Integritas.

Dalam sambutannya Kapolres Sampang menyampaikan, mutasi jabatan merupakan hal biasa di lingkungan Polri untuk penyegaran organisasi sekaligus tour of duty dan tour of area.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres juga mengucapkan terimakasih kepada AKP Riki Donaire Piliang atas kinerja saat menjabat Kasat Reskrim Polres Sampang sekaligus mengucapkan selamat atas jabatan barunya sebagai Kapolsek Tenggilis Polrestabes Surabaya.

“Saya beserta keluarga Besar Polres Sampang mengucapkan terimakasih kepada AKP Riki Donaire Piliang atas dedikasi dan pengabdian selama menjabat Kasat Reskrim Polres Sampang yang sudah melaksanakan tugas dengan baik, dan saya juga mengucapkan selamat atas jabatan baru sebagai Kapolsek Tenggilis Polrestabes Surabaya,” ucap AKBP Abdul Hafidz.

Kapolres juga mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada pejabat Kasat Reskrim yang baru dan mengharapkan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan tugas yang baru dengan cepat serta mengeluarkan ide-ide kreatif guna memajukan Polres Sampang.

“Kepada Kasat Reskrim yang baru, saya ucapkan selamat datang di Polres Sampang dan selamat bertugas dengan sebaik-baiknya dalam penegakan hukum di wilayah hukum Polres Sampang dan sekaligus bisa mendukung kebijakan Pimpinan Polri dalam menyukseskan program 100 hari kerja Kapolri,” ucapnya.

Kapolres juga berpesan, ada satu hal yang tidak boleh berubah bagi setiap anggota Polri, yaitu identitas dan jati diri sebagai Insan Bhayangkara yang taat hukum, senantiasa dapat melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat. Dengan demikian, masyarakat merasa aman untuk melaksanakan aktivitas sehari harinya, karena identitas dan jati diri merupakan sumber kekuatan moral pengabdian sebagai polisi.

“Polisi merupakan bagian dari komponen bangsa dalam upaya penegakan hukum yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, dengan dedikasi yang dilandasi disiplin, bertekad menciptakan masyarakat yang peduli dan patuh hukum,” ujar AKBP Abdul Hafidz.

“Tegakkan terus hukum, perangi kejahatan, baik kejahatan konvensional dan tindak pidana korupsi serta paham radikalisme yang berkembang di tengah tengah masyarakat,” imbuhnya.

Mencermati situasi yang masih dalam keadaan pandemi Covid-19 ini, anggota Polres Sampang diharapkan mampu memberikan pelayan yang optimal kepada masyarakat yang saat ini dalam keadaan serba sulit. Pasalnya, Polri masuk dalam gugus tugas penanggulangan Covid-19 di garda terdepan bersama para petugas medis.

“Kepolisian harus terus hadir untuk memberikan himbauan dan tindakan tegas secara terukur agar masyarakat patuh terhadap kebijakan Pemerintah sebagaimana maklumat Kapolri,” tandasnya.

Himbauan dan tindakan tegas tersebut, menurut Kapolres, harus dilakukan untuk kepentingan bersama masyarakat dengan bahasa yang humanis. Meskipun, disadari tentu saja tidak mudah mengingat karakter masyarakat yang beraneka ragam.

“Saya perintahkan untuk meningkatkan kerjasama dengan stakeholder di tempat tugas masing-masing, untuk terus meningkatkan kegiatan-kegiatan dalam percepatan penanggulangan Pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Diketahui, AKP Sudaryanto yang sebelumnya menjabat sebagai Panit 1 unit 2 Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Jatim mendapatkan mandat sebagai Kasat Reskrim Polres Sampang. Sementara AKP Riki Donaire Piliang yang sebelumnya menjabat Kasat Reskrim Polres Sampang mendapatkan jabatan baru sebagai Kapolsek Tenggilis Polrestabes Surabaya, berdasarkan Surat Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur nomor: KEP/II/2021 tanggal 26 Februari 2021.

Penulis       : Rara/Kachonk
Redaktur     : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here