Peringati HJB ke-539, Dinsos Berkolaborasi dengan PMI Gelar Baksos Donor Darah

0
80

BOGOR | LIPUTAN12 – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Bogor mengadakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Donor Darah, di Aula Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Rabu (9/6/2021).

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial (Dayasos) Dinsos Kabupaten Bogor Drs. Dian Mulyadiansyah, M.M., mengatakan kegiatan donor darah ini kita laksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-539.

Di sisi lain, lanjut Dian, sebagai wujud kepedulian teman-teman dari pusat kesejahteraan sosial (Puskesos) Graha Pancakarsa yang ingin memberikan andil terhadap pelayanan kesehatan di bidang penyedian stock darah.

Drs. Dian Mulyadiansyah, M.M., Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial (Dayasos) Dinsos Kabupaten Bogor (Dok. liputan12).

“Ini merupakan langkah positif yang bisa kita lakukan, yang bisa kita berikan untuk memberikan yang terbaik bagi mereka (fasilitator puskesos-red) terhadap ketersediaan stock darah di masa pandemi ini,” kata Dian Mulyadiansyah.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa kita laksanakan bukan hanya saja pesertanya dari teman-teman fasilitator dari puskesos, juga teman-teman otentik sosial lainnya,” harapnya.

Dian menambahkan, kegiatan kali ini diinisisi oleh teman-teman fasilitator pusat-pusat sosial, dan diikuti teman-teman dari dinas, serta masyarakat.

“Namun terbuka buat peserta yang lain yang ingin mendonorkan darahnya,” jelas Dian.

“Kegiatan ini kita rencanakan berlangsung dua hari, dimulai hari ini sampai Kamis (10/6) besok, tapi kita lihat perkembangannya mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi, sekiranya besok masih ada kita siap untuk memfasilitasi dengan PMI, jika memang jumlahnya sangat terbatas kita akan arahkan ke pmi langsung,” tukas Dian.

Hal senada disampaikan Muhamad Ali selaku Kasubag Kepegawaian dan K3 PMI Cabang Kabupaten Bogor, bahwa selain rangkaian peringatan Hari Jadi Bogor ke-539, kegiatan donor darah ini kita laksanakan dalam rangka memperingati bulan donor darah se-dunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni mendatang.

Dalam pelaksanaannya, lanjutnya, mobil unit ke lapangan maupun di kantor PMI sendiri, kita tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, dengan memberlakukan 3M yakni menyediakan tempat mencuci tangannya, mengatur jarak dan tentunya peserta diwajibkan memakai masker.

“Ketika kita akan melakukan kegiatan di lapangan, sehari sebelumnya kita turun ke lapangan di mana lokasi yang akan dilaksanakan kegiatan, terlebih dulu kita lakukan penyemprotan disinfektan, kemudian menyeting tempat terutama terkait dengan 3M nya. Dan itu selalu kita sampaikan ke panitia pelaksana donor darah,” ungkap Muhamad Ali.

Redaktur    : Lekat Azadi
Copyright ©2021 liputan12.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here